Info Kesehatan

Tips Kesehatan Kulit

Untuk menghindari kanker kulit ada beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya :

1.        Kurangi Paparan Sinar Matahari

Terutama pada saat sinar matahari sedang terik antara pukul 10 hingga 4 sore. Sekitar 80 % sinar  matahari dapat menembus awan  yang tipis atau kabut sehingga masih dapat mencapai kulit. Selain itu air atau pasir juga dapat memantulkan cahaya , sehingga sebaiknya menghindari berada dekat daerah tersebut pada saat panas/ Lindungi kulit anda dengan cara berlindung di bawah pohon     atau jika memungkinkan menggunakan payung tatkala berjalan di tengah panas yang terik

2.      Gunakan Tabir Surya

Tabir Surya sebaiknya mengandung sekurang-kurangnya SPF 15 dan lebih baik juga mengandung proteksi terhadap ultraviolet A dan B. Oleskan tabir surya 15-30 menit sebelum akan terpajan matahari, dan oleskan kembali setiap 2-3 jam ( oleskan lebih sering jika bermain, bekerja atau berenang di luar ruangan)

3.      Waspadalah Terhadap Kelainan Kulit

Tahi lalat yang terus membesar, berubah warnanya tetapi tidak rata, mudah berdarah dan/atau terasa nyeri perlu diwaspadai. Mungkin saja merupakan awal terjadinya kanker. Selain itu waspadalah jika terdapat luka pada kulit yang tak kunjung sembuh bahkan bertambah besar, jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter


Dikutip  dari Majalah Kesehatan Keluarga  “ DOKTER KITA” EDISI 1 – THN VI – JANUARI 2011

 

Nyeri Sendi Karena Asam Urat

Beberapa bulan yang lalu saya sering sekali merasa nyeri di telapak kaki, rasa nyeri ini terasa begitu menyiksa terutama sekali ketika bangun tidur di pagi hari. Akhirnya saya pergi kedokter untuk berkonsultasi mengenai penyakit yang saya alami.
Ternyata dokter menyarankan kepada saya untuk memeriksakan kadar asam urat saya ke laboratorium, dan berdasarkan hasil  tas laboratorium  kadar asam urat saya melebihi batas normal yang telah ditetapkan, sehingga saya merasakan gejala-gejala seperti itu.
Berdasarkan penjelasan dokter dan artikel yang pernah saya baca di salah satu majalah kesehatan  Keluarga " Dokter Kita " Edisi 1 - THN VI - Januari 2011, Asam urat yang berlebihan bisa menyebabkan kelainan pada persendian, Penyakit ini di kenal dengan istilah Arthritis Gout  ( radang sendi asam urat )



Arthritis Gout  ( radang sendi asam urat ) terjadi karena deposisi kristal monosodium urat (MSU) di jaringan termasuk sendi. Hal ini terjadi karena sepertiga asupan makanan mengandung purin dan dua pertiganya akibat metabolisme tubuh.

Ternyata hampir semua orang bisa terserang asam urat, namun yang beresiko tinggi terserang asam urat apabila mereka memiliki kadar asam urat melebihi batas normal, diet tinggi purin, kegemukan, peminum alkohol, sering minum dengan pemanis Fraktuosa seperti minuman ringan dan jus buah tertentu. Penyakit tertentu seperti hipertensi, hiperlipidemia dan penyakit kanker darah memperbesar resiko . Faktor genetikpun turut berpengaruh dalam resiko ini.

Dan resiko lebih lanjut, Arthritis Gout  ( radang sendi asam urat )   bisa menyebabkan komplikasi berupa pembentukan tofus, yaitu benjolan di beberapa tempat sekitar sendi, akibat deposisi dari kristal MSU, Tofus sering pecah dan sulit sembuh, sering kali menimbulkan infeksi skunder. Komplikasi lain akibat hiperurisemia yang ditakutkan adalah batu saluran kemih dan penyakit ginjal menahun, yang mengharuskan penderitanya untuk cuci darah.

Gejala-gejala Arthritis Gout  ( radang sendi asam urat ) yang dapat terlihat:
  1. Arthiritis ( peradangan sendi ) yang bersifat akut/ tiba-tiba, pada umumnya pada satu sendi ( monoartritis)
  2. Didapat tanda kemerahan , bengkak, hangat, nyeri sampai pasien tidak bisa berjalan. Keluhan ini cepat reda dalam beberap hari-minggu. Serangan akut berikutnya dapat muncul tiba-tiba.  Jika pengobatannya tidak tuntas serangan berikutnya akan mengenai lebih banyak sendi, waktu yang lebih lama dan interval serangan yang lebih singkat.
  3. Sendi yang paling sering terkena serangan pertama kali adalah pangkal ibu jari kaki      ( sendi metatarsofalangeal I  ). Serangan selanjutnya dapat mengenai sendi lain seperti lutut. siku, pergelangan kaki atau tangan.

Mencegah kerusakan sendi
  1. Sendi yang mengalami radang harus diistirahatkan.
  2. Berobat dengan patuh. Untuk obat, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan anti-inflamasi seperti golongan obat anti-inflamasi non steroid, ataupun kortikosteroid.
  3. Pencegahan  arthritis gout dapat dilakukan dengan mengontrol kadar asam urat dalam serum di level normal, dengan pengaturan diet rendah purin, dan obat penurun asam urat seperti alopurinol dan probenesid.

Demikian lah informasi yang saya peroleh melalui konsultasi dengan dokter dan membaca artikel , semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sehingga kita bisa menjaga kesehatan kita dengan lebih baik lagi dengan menjaga pola makan dan melakukan olah raga yang teratur.

Kamis, 21 Februari 2013

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^