Tuesday, December 14, 2021

Menikmati Pekerjaan Yang Kita Jalani Saat Ini


Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan akan bekerja di Perpustakaan Sekolah, karena dilihat dari latar belakang pendidikan saya yang S-1 Ekonomi Jurusan Akuntansi  , tetapi jalan hiduplah yang mempertemukan saya dengan Dunia Literasi. 

Pada awalnya saya ingin kuliah di Jurusan Bahasa Inggris , tetapi karena kemauan Orang Tua terutama Almarhum Ayah yang menginginkan saya bekerja di Kantor maka saya mengambil kuliah di Akademi Akuntansi, tujuanya biar cepat mendapatkan kerja ha..ha..ha..

Pada awalnya saya agak jengkel juga kuliah di jurusan itu  karena saya tidak terlalu menyukai bidang itu , karena jiwa saya di Bahasa bukan di Akuntansi. Tetapi karena saya ingin menyenangkan hati Orang Tua ya saya coba untuk kuliah di Akademi Akuntansi walaupun dengan setengah hati menjalaninya. 

Akhirnya Tahun 1998 saya lulus D-3 Akuntansi , tetapi saat saya lulus D-3 kondisi Ekonomi dan Keamanan di Indonesia saat itu tidak stabil dan kacau karena terjadi Krisis Ekonomi dan pecahnya kerusuhan Mei 1998. Dan sampai saat ini saya masih ingat dengan peristiwa itu dan berharap semoga generasi yang akan datang tidak pernah mengalami kondisi seperti saat itu. 

Akibat dari krisis ekonomi banyak perusahaan yang gulung tikar dan terjadi PHK besar-besaran dan saya akhirnya menganggur selama 1 tahun karena sulit mendapatkan pekerjaan setelah tamat D-3 Akuntansi. 

Karena melihat saya menganggur akhirnya Almarhum Ayah saya menyarankan saya untuk mengambil kursus Bahasa Inggris dan hal ini membuat saya sangat bahagia karena akhirnya saya bisa juga belajar Bahasa Inggris di salah satu Lembaga Kursus Favorit di Era saya waktu itu. 

Salah satu tempat favorit saya di tempat kursus Bahasa Inggris adalah Perpustakaanya, karena Lembaga Kursus Bahasa Inggris maka rata-rata bukunya berbahasa Inggris dan banyak novel-novel favorit saya yang mereka miliki. 

Oh ya, sejak kecil saya memang punya hobi membaca buku, mungkin kebiasaan ini saya dapatkan dari Almarhum Ayah saya, karena Beliau suka sekali membaca buku dan sering kali membawa saya  ke Toko Buku sewaktu saya kecil. Mungkin saya lebih sering jalan-jalan ke Toko buku dibandingkan  berjalan-jalan ke Taman Bermain. Jadi sejak kecil saya memang sudah akrab dengan buku dan senang sekali kalau pergi ke Perpustakaan Daerah dan betah berlama-lama di Perpustakaan.

Kembali ke cerita sebelumnya setelah menganggur dan kursus Bahasa Inggris, akhirnya ayah menyuruh saya untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Ya karena sudah terlanjur kuliah di jurusan itu akhirnya saya setuju untuk melanjutkan kuliah di jurusan yang sama pada tahun 1999. 

Namun, sebelum saya melanjutkan S-1 saya, Ayah meninggal di usia yang masih muda 48 Tahun, pada saat itu sempat saya berpikir untuk tidak melanjutkan kuliah lagi karena faktor ekonomi, karena Ibu saya harus membiayai saya dan adik-adik. 

Tapi Allah SWT punya rencana lain untuk saya, akhirnya saya bisa melanjutkan kuliah S-1 saya sampai selesai dari uang peninggalan Almarhum Ayah, Uang itu tidak banyak tapi cukup untuk melanjutkan kuliah S-1 saya sampai tamat . Karena saya melanjutkan kuliah di kampus yang sama maka mendapatkan keringanan biaya kuliah masuk pada saat itu.

Setelah tamat kuliah, saya sempat bekerja di perusahaan swasta dan tak lama kemudian saya dilamar dan akhirnya menikah dan tidak bekerja. Namun pernikahan saya tak berlangsung lama karena banyak faktor penyebabnya. Setelah menjadi Single Parent dan tidak bekerja, saya mulai berpikir untuk kembali mencari pekerjaan karena tidak mungkin menggantungkan hidup pada keluarga saya karena anak saya semakin besar dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Akhirnya tahun 2009 saya mencoba untuk melamar bekerja di salah satu Sekolah Negeri di Jakarta Selatan, Alhamdulilah saya diterima bekerja di sana dan ditempatkan di Perpustakaan Sekolah. Kalau kalian ingin tahu gaji pertama saya bekerja saat itu Rp 800.000,- ( Delapan Ratus Ribu Rupiah). Bagi teman-teman mungkin gaji sejumlah itu sangat kecil tetapi bagi saya yang sangat membutuhkan pekerjaan saat itu uang sejumlah itu sangat berarti. 

Dan sampai saat ini saya sudah bekerja di sana selama 12 Tahun dan masih berstatus Honorer KKI. Selama bekerja di Perpustakaan Sekolah banyak suka dan duka yang saya alami dan lalui, namun karena saya mencintai buku dan dunia literasi maka saya menikmati pekerjaan yang saya jalani saat ini. 

Saya melihat semakin lama minat membaca dan berkunjung ke Perpustakaan Sekolah semakin menurun karena tehnologi terus berkembang sekarang kita bisa membaca buku tampa harus berkunjung ke perpustakaan karena semakin banyak ebook dan semakin mudahnya informasi yang didapatkan melalui internet, media sosial dan Search Engine .

Karena itu dengan semakin berkembangnya tehnologi dan pengetahuan maka perpustakaan juga harus  ikut berkembang, sekarang fungsi dari perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca buku saja tetapi harus berkembang sebagai pusat informasi dan data  serta tempat pelatihan. 

Karena itu tantangan ke depan semakin berat bagi perpustakaan sekolah karena itu  kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan itu , bukan hanya sarana dan prasarana saja yang harus dipersiapkan, Sumber Daya Manusia pun harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan yang ada .

Karena latar belakang pendidikan saya yang bukan dari Ilmu Perpustakaan maka ini menjadi tantangan besar bagi saya untuk bisa mengembangkan Perpustakaan Sekolah yang saya kelola saat ini, bagi saya ketika saya sudah masuk dan terlibat dalam pekerjaan itu maka saya harus berusaha mencintai pekerjaan itu dan menikmatinya sehingga seberat apapun masalah yang saya hadapi akan saya jalani dan hadapi karena inilah dunia kerja saya dan saya harus melaksanakan tugas dan tanggungjawab ini dengan sebaik-baiknya. 

Demikianlah curhat saya, semoga cerita dan pengalaman ini bisa menjadi sedikit motivasi buat teman-teman untuk berkarya dan mencintai pekerjaan yang teman-teman jalani saat ini. Sampai berjumpa di cerita selanjutnya , Salam...

 

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^