Thursday, September 9, 2021

Pentingkah Menguasai Metode Penelitian Yang Akan Digunakan Dalam Membuat Karya Imiah ?

 

Foto Koleksi Pribadi
Buku-Buku Referensi Dalam Membuat Karya Imiah

Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya bahwa sejak SMP saya sudah belajar membuat karya ilmiah walaupun dalam bentuk yang masih sangat sederhana dan terbatas topiknya. Namun kebiasaan menulis karya ilmiah terus berlanjut hingga saya SMA, Kuliah dan sampai sekarang.

Bahkan ketika saya SMA saya sering diminta tolong untuk membantu teman-teman saya yang sudah duduk dibangku kuliah dalam menyusun karya ilmiah mereka. Buat saya ini pengalaman yang luar biasa walaupun tidak banyak yang saya lakukan seperti membantu mengetik dikomputer, karena kemampuan mengetik saya lumayan lancarlah ha..ha..ha... , tetapi dari sinilah saya belajar secara langsung bagaimana menyusun sebuah karya ilmiah seperti Makalah tugas kuliah,  Skripsi dan Jurnal. Dan pengalaman ini sangat berguna sekali saat saya mulai kuliah karena saya sudah terbiasa membantu teman-teman saya jadi sedikit banyak saya sudah mengerti cara menyusunnya. Dan setelah saya bekerja ilmu ini masih berguna karena ada beberapa teman kantor yang juga minta saran dan pendapat saya dalam menyusun karya ilmiah mereka. 

Berdasarkan pengalaman saya dalam membantu teman-teman ingin membuat karya ilmiah seperti makalah , Skripsi dan Jurnal sebelum menyusun hal yang paling terpenting yang harus kita lakukan adalah menentukan Judul dan Tema makalah, Skripsi dan Jurnal yang akan kita buat. Saran saya untuk teman-teman yang saat ini bekerja sambil kuliah dan sedang menyusun skripsi ada baiknya memilih judul dan tema Skripsi yang sesuai dengan bidang yang sedang kita geluti saat ini .  Apalagi jika kita bekerja sesuai dengan Jurusan yang kita ambil itu akan sangat membantu kita dalam mengambil judul atau tema skripsi yang akan kita susun.

Syukur-syukur jika tempat kita bekerja bisa dijadikan tempat untuk melakukan penelitian tentu saja dengan mengikuti prosedur dalam pengajuan lokasi penelitian, jika memenuhi syarat mungkin kita bisa mengajukan permohonan untuk melakukan penelitian di sana. Jika pihak kantor tidak keberatan dengan judul dan tema skripsi kita  mungkin kita bisa memulai melakukan penelitian di sana. 

Jadi sekali lagi penentuan judul dan tema Skripsi atau Jurnal yang akan kita buat itu sangat penting sekali pilihlah judul dan tema yang kita kuasai karena jika tidak kita kuasai akan menyulitkan kita nanti dalam penyusunannya. Setelah kita menentukan judul atau topik penelitian selanjutnya adalah membuat kerangka karangan , tujuan dari membuat kerangka karangan adalah agar isi dari skripsi atau jurnal yang akan kita buat ini jelas dan terstruktur dengan baik.  

Biasanya setiap Universits memiliki standar dalam penyusunan Skripsi , Tesis atau Jurnal mereka jadi ada baiknya sebelum teman-teman membuat proposal skripsi teman-teman mengunjungi perpustakaan kampus untuk mencari referensi cara penyusunan proposal dan Skripsi yang sesuai dengan standar Universitas teman-teman.  Dengan melihat contoh Skripsi yang sudah dipublikasikan di Perpustakaan Universitas akan memberikan gambaran kepada kita bagaimana membuat kerangka karangan dan menyusun Proposal Skripsi yang akan kita ajukan. 

Selain itu yang tidak boleh kita abaikan kita harus menentukan terlebih dahulu metode penelitian apa yang akan kita gunakan dalam penelitian tersebut, ada baiknya sebelum melakukan penelitian kita pelajari dulu metode penelitian yang ada baik itu Metode Penelitian Kuantitatif  maupun Metode Penelitian Kualitatif. Kita baca buku refrensi mengenai metode penelitian tersebut dimana kelebihan dan kekurangannaya . Dan kita menilai mana kira-kira metode penelitian yang kita kuasai dan bisa kita pergunakan dalam penelitian yang akan kita lakukan .

Penting sekali kita mengetahui dan menguasai metode penelitian apa yang akan kita gunakan karena metode penelitian tersebut akan kita jadikan pedoman dalam penyusunan skripsi yang akan kita buat , jika kita tidak menguasai metode penelitian yang akan kita gunakan akan menyulitkan kita pada saat kita melakukan pengolahan data yang kita dapatkan dari penelitian . Ada beberapa bidang ilmu yang bisa menggunakan metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif  jadi kita bisa memilih salah satu metode penelitian yang paling kita kuasai , tetapi ada beberapa bidang ilmu yang hanya bisa menggunakan metode penelitian Kuantitatif saja  atau Kualitatif saja. 

Jadi dari disiplin ilmu yang kita ambil bisa kita bisa lihat apakah penelitian yang kita lakukan ini bisa menggunakan kedua metode itu sehingga kita bisa memilih salah satunya, atau bisa kita mau menggunakan kedua metode tersebut dalam penelitian kita ? terserah pada teman-teman sendiri, tetapi saran saya pilihlah salah satu metode penelitian yang kita kuasai karena kita masih pemula jadi belum menguasai kedua metode itu dengan baik .

Setelah kita menentukan judul atau tema Skripsi , kemudian metode penelitian apa yang kita buat barulah kita membuat krangka karangan atau layout yang akan kita jadikan panduan dalam menyusun proposal skripsi yangakan kita ajukan. Saya rasa jika proposalnya sudah disusun dengan baik Insya Allah proposal Skripsi kalian bisa lolos dan kalian bisa melanjutkan menyusun skripsi kalian.  Pesan saya jangan pernah putus asa ya jika proposal kalian di tolak susun lagi yang baru dengan isi yang lebih baik lagi, jika kalain mengerjakan dengan optimal Insya Allah semuanya akan berjalan dengan lancar, selamat berjuang ya... Semangat!!




No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^