Sunday, September 19, 2021

Langkah-langkah Dalam Menyusun Skripsi (Bagian 1)

 



Beberapa buku yang dijadikan referensi dalam menyusun skripsi

Seperti dalam postingan saya sebelumnya mengenai "Bagaimana Cara Mudah Menyusun Skripsi"  maka dalam kesempatan ini saya akan berbagi cerita dan pengalaman mengenai langkah-langkah dalam menyusun Skripsi. Mungkin bagi teman-teman yang sudah terbiasa membuat Karya Ilmiah atau Skripsi  apa yang akan saya bahas dalam kesempatan ini merupakan hal biasa dan tidak ada yang istimewa, Tetapi bagi adik-adik dan teman-teman yang belum terbiasa untuk menulis karya ilmiah atau skripsi mungkin apa yang akan saya sampaikan dapat sedikit membantu mereka dalam menyusun skripsi yang sedang mereka buat.

Apa yang saya sampaikan pada teman-teman nantinya ini merupakan hasil dari pengalaman dan informasi yang saya dapatkan baik dari buku-buku referensi, diskusi , seminar mengenai penulisan. Dan saya akan membahasnya dalam beberapa bagian dan dalam gaya bahasa yang santai agar tidak terlalu membosankan untuk dibaca. 

Baiklah sebelum kita masuk ke dalam pembahasan mengenai Langkah-langkah Dalam Menyusun Skripsi ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu mengenai definisi skripsi .  Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya bahwa definisi Skripsi menurut Sugiyono adalah Karya Imliah hasil penelitian yang dikerjakan oleh mahasiswa, program sarjana (S1), sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana (Sugiyono 2014: 5). Menurut Hariwijaya dan Djaelani (dalam Hayati ,2008) Skripsi adalah tulisan ilmiyah yang dibuat sebagai syarat seorang mahasiswa menyelesaikan studi program sarjananya.

Dari dua definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Skripsi merupakan karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa program sarjana berdasarkan hasil penelitian mandiri sebagai prasyarat untuk mendapatkan gelar akademik Sarjana (S1) yang disusun secara sistematik dan terstruktur. 

Menurut Sugiyono dalam bukunya yang berjudul Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis Dan Disertasi ada 4 kunci sukses dan cara mudah menulis Skripsi , Tesis dan Disertasi, selanjutnya Beliau menyingkat ketiga karya ilmiah dengan singkatan (STD). 4 Kunci tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Memahami Bidang yang diteliti
  2. Memahami Metode Penelitian 
  3. Memahami Pedoman Penulisan
  4. Menjalin hubungan baik dengan Pembimbing
Nah, kalau kita lihat 4 kunci sukses dan cara mudah menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi  (STD) yang disampaikan oleh Sugiyono, saya jadi teringat dengan postingan saya sebelumnya mengenai "Cara Mudah Menyusun Skripsi"  karena saya sudah membahas sedikit tentang hal ini hanya saja dalam penjelasan yang sangat sederhana.  Namun dalam kesempatan ini saya akan memaparkan apa yang disampaikan oleh Sugiyono dalam bukunya . (Sugiyono, 2014 :10-12)

Pertama : Memahami Bidang Yang diteliti 
Menurut beliau seorang Peneliti harus memahami bidang yang diteliti, kalau peneliti tidak memahami, maka akan sulit untuk menemukan permasalahan, menenetukan apa yangakan diteliti, ruang lingkup yang diteliti, membuat kerangka berpikir, menyusun instrumen penelitian, mengelompokan hasil penelitian, memberikan pembahasan terhadap hasil penelitian, memberikan, membuat kesimpulan dan saran.

Mata kuliah pembuatan skripsi, tesis dan disertasi dikerjakan pada semester akhir pada setiap program dengan harapan mahasiswa telah memahami apa yang diteliti, melalaui berbagai kegiatan perkuliahan dan seminar. oleh karena itu beliau mengharapkan sebelum melakukan penelitian mahasiswa perlu belajar melalui membaca, diskusi, seminar dan kegiatan akademik lainnya yang relevan, sampai memahami apa yang diteliti dan ruang lingkupnya. Seorang Peneliti yang tidak memahami bidang yang diteliti akan sulit untuk melakukan penelitian, bahkan bertanya saja tidak mampu. Beliau mengambil contoh mahasiswa program studi pendidikan akan sulit bertanya dalam bidang hukum, ekonomi, kedokteran dan lain-lain demikian sebaliknya. 

Kedua : Memahami Metode Penelitian
Karena penulisan Skripsi, Tesisi dan Disertasi (STD) dilakukan melalui penelitian maka mahasiswa juga harus memahami metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian. Dengan memahami metode penelitian , maka peneliti telah mempunyai peta jalan untuk bertindak melakukan penelitian dan menyusun laporannnya. Dengan menguasai metode penelitian, maka pekerjaan menulis skripsi, tesis dan disertasi 50% sudah selesai . Penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi adalah merupakan penelitian akademis. Dalam penelitian ini yang lebih diutamakan adalah cara dan metode penelitiannya yang harus benar. Oleh karena itu dalam penelitian akdemis diperlukan pembimbing agar cara-cara yang dilakukan tidak salah. Bila peneliti telah memahami metode penelitian yang digunakan, maka tugas pembimbing menjadi lebih ringan.

Ketiga : Memahami Pedoman Penulisan
Pada umumnya setiap perguruan tinggi telah memiliki pedoman penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi (STD).  Maka pedoman ini harus diikuti oleh setiap mahasiswa dalam melakukan penulisan skripsi, tesis dan disertasi. Oleh karena itu maka mahasiswa harus memahami pedoman penulisan ini sebelum melakukan penulisan. Biasanya pedoman ini mangatur warna sampul, ukuran kertas, sistematika penulisan , ukuran dan jenis huruf , cara mengutip, cara memberikan nomor dan nama gambar, nomor dan nama tabel ,dan cara menuliskan daftar pustaka.

Keempat : Menjalin Hubungan Baik Dengan Pembimbing
Hubungan yang baik antara mahasiswa dan Pembimbing harus diciptakan sedemikain rupa, sehingga proses pembimbingan dan penulisan berjalan lancar, memenuhi standar dan cepat selesai.  Indikator kelancaran penulisan skripsi , tesis dan disertasi adalah tidak ada hambatan psikologis (tidak merasa takut dan tertekan) dan teknis pembimbingan. Memenuhi standar , berarti kualitan penulisan memenuhi mutu yang ditentukan. Indikator cepat adalah tidak meliebihi waktu yang sudah ditentukan.  

Hubungan yang baik dengan pembimbing akan terjadi apabila mahasiswa memiliki tatakrama dalam pembimbingan dan menguasai materi yang akan dikonsultasikan. Tatakrama ini terkait dengan caraberpakaian pada waktu bimbingan, prilaku pada proses pembimbingan dan gaya bicara pada saat berdiskusi. Pada saat bimbingan materi yang akan dikonsultasikan harus sudah dikuasai . Indikator pengusaan materi adalah setiap ditanya oleh pembimbing bisa menjawab dengan benar. Selain itu untuk menjalin hubungan yang baik maka mahasiswa juga harus memahami profil pembimbingnya. Dengan memahami profil pembimbingan maka strategi yang dipilih untuk bimbingan lebih tepat.

Dari uraian di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kunci dan cara mudah untuk menyusun Skripsi, Tesis Dan Disertasi (STD) menurut Sugiyono adalah seorang mahasiswa harus memahami bidang apa yang akan dia teliti jadi sebelum dia melakukan penelitian dari awal dia sudah tau apa yang akan dia teliti , tujuan dari penelitian tersebut , batasan penelitianya  dan mengusai bidang yang akan dia teliti, setelah dia menahami  semuanya maka selanjutnya dia harus memahami metode penelitian yang akan dia gunakan dalam peleitian tersebut, jika dia tidak menguasai metode penelitian yangakan diagunakan maka dia akan mengalami kesulitan dalam memetakan penelitiannya. 

Oleh karena itu penting sekali bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian untuk membaca buku referensi mengenai metode penelitian yang akan digunakan dan menggali informasi sebanyak banyaknya mengenai metode penelitian tersebut. Setelah dia memilih metode penelitiannya maka langkah selanjutnya adalah memahami metode penulisan, seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya bahwa setiap univeristas memiliki aturan tersendiri dalam penyusunan skripsinya maka perlu kita mencari tahu bagaimana metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan skripsi kita nanti setelah kita tahu maka akan sangat membantu kita saat pelaksaanya kelak. 

Dan yang terakhir adalah karena ini merupakan penelitian akademis maka kita akan mendapatkan bimbingan dari Dosen yang telah kita pilih atau dipilihkan oleh universitas , penting sekali menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing agar proses bimbingan kita berjalan dengan lancar. Ada baiknya sebelum kita memilih dosen pembimbing yang akan membimbing kita dalam penyusunan skripsi nanti kita pahami profil mereka terlebih dahulu , kapan  waktu beliau ada di kampus , bagaimana karakternya dan sebagainya, sehingga kita bisa menentukan mana dosen pembimbing yang pas untuk kita.

Tetapi jika dosen pembimbinya ditentukan oleh univerisitas maka mau tidak mau kita harus menerima siapapun yang akan memebimbing kita nantinya. Setelah kita sudah tahu siapa yang akan membimbing kita maka kita pelajari profil beliau, karakternya, kapan waktu beliau ada dikampus dan bagaimana cara menghubungi beliau sehingga kita bisa memepersiapkan diri kita saat melakukan bimbingan . Penting sekali bagi kita menjaga tatakrama, cara berpakaian kita dan sikap kita saat menemui dosen pembimbing  dan yang tak kalah pentingnya dadalah kita harus menguasai materi apa yang akan kita diskusikan dengan dosen pembimbing kita agar waktu yang kita pergunakan dalam bimbingan benar-benar efektif dan efisien.

Nah, teman-teman saya rasa demikian dulu pembahasan saya mengenai langkah-langkah dalam menyusun skripsi  bagian pertama, Insya Allah akan saya bahas pada pembahasan selanjutnya. semoga cerita dan pengalaman ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang menyusun skripsi ya , sampai jumpa dan salam ...!


Daftar Pustaka 

Sugiyono, 2014 , Cara Mudah menyusun : Skripsi, Tesis Dan Disertasi , Bandung : Alfabeta, cv
https://www.e-jurnal.com/2013/10/pengertian-skripsi.html


No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^