Sunday, September 12, 2021

Bagaimana Cara Mudah Menyusun Skripsi ?

Berdasarkan Foto Pribadi

Terus terang tidak mudah untuk membuat Karya Ilmiah seperti Makalah Tugas Kuliah , Makalah sebagai persyaratan Kenaikan Pangkat Bagi Pegawai Negeri Sipil , Jurnal , apalagi Skripsi , Tesis dan Disertasi. Masing-masing Karya Ilmiah ini memiliki tujuan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda . Kalau Karya Ilmiah berupa Tugas Kuliah mungkin tingkat kesulitannya tidak begitu besar dan pembahasannya tidak terlalu berat, Sedangkan Makalah untuk kenaikan pangkat bisa diambil temanya dari aktivitas kesehariannya di tempat bertugas topiknya bisa beragam tergantung dengan si Pegawai Negeri tersebut menguasai bidang apa .

Nah yang cukup sulit menurut saya adalah untuk menulis Jurnal, Skripsi apalagi Tesis dan Desertasi karena pembahasannya cukup berat mulai dari pemilihan judul, penentuan metode penelitian apa yang akan digunakan , membuat layout penelitian , hingga pembuatan proposal penelitian. Apabila Proposal Penelitian sudah disetujui oleh Pihak Universitas maka penelitian baru bisa dilakukan.

Sampai saat ini saya masih terus mencari bagaimana cara mudah untuk menyusun karya ilmiah, oleh karena itu perlu bagi kita untuk mencari buku-buku refensi yang bisa membantu kita untuk menemukan cara yang mudah untuk menyusun karya ilmiah. Salah satu buku yang saat ini masih saya pelajari adalah buku yang berjudul "Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis Dan Disertasi" Karya Prof. DR. Sugiyono. 

Secara umum Skripsi, Tesis dan Disertasi oleh Sugiyono didefinisikan sebagai Karya Tulis Imiah yang bersifat narasi yang disusun berdasarkan hasil penelitian mandiri guna untuk memperoleh gelar akademik (Sugiono 2014 : 6) . Jadi kalau Skripsi adalah karya ilmiah hasil penelitian yang dikerjakan oleh mahasiswa program sarjana (S1), sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana. Sedangkan Tesis adalah karya ilmiah hasil penelitian yang dikerjakan oleh mahasiswa program magister (S2) sebagai syarat untuk memperoleh gelar magister, selanjutnya Disertasi adalah karya ilmiah hasil penelitian yang dikerjakan oleh mahasiswa program doktor (S3) , sebagai syarat untuk mendapat gelar doktor ( Sugiyono 2014 : 5).

Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Skripsi, Tesis dan Disertasi merupakan karya Tulis Imiah yang disusun berdasarkan penelitian mandiri yang hasilnya akan paparkan di depan tim penguji untuk mendapatkan pengesahan dari tim penguji sehingga dia berhak mendapatkan gelar akademik tersebut. Jadi tentu saja proses pembuatannya lebih rumit dari karya ilmiah yang biasa. 

Karena tingkat kesulitannya cukup tinggi maka tidak jarang banyak mahasiswa yang gagal dalam menyusun Skripsi dan Tesis ini, karena mereka mungkin mengalami kesulitan dalam mencari bahan penelitian , penggunaan metode penelitian , pengolahan data penelitian yang didapatkan dan banyak juga mahasiswa yang tidak suka menulis dan membaca buku-buku referensi yang mendukung penelitiannya.  Apalagi yang bekerja sambil kuliah menurut saya tidak mudah untuk mengatur waktu antara bekerja dan melakukan penelitian . Jadi saran saya bagi yang kuliah sambil bekerja mungkin bisa menjadikan tempatnya bekerjanya  sebagai tempat  penelitian dan mencari data-data penelitian karena ini bisa mengefektifkan waktu juga.

Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak bekerja pasti lebih banyak waktu untuk melakukan penelitian , saran saya carilah judul penelitian yang kita kuasai temanya, pelajari dan kuasai metode penelitian yang akan kita gunakan dalam penelitian tersebut karena itu kita memang harus banyak membaca dan mencari informasi mengenai metode penelitian yang akan  dipergunakan . 

Seringkali kita idealis ingin mencari Judul Skripsi yang berbobot temanya, tetapi satu hal yang harus kita pahami apakah kita bisa mencari data-data untuk mendukung penelitian kita nanti , jangan sampai karena kita idealis memilih judul atau tema yang "berat" akan mempersulit kita dalam mencari data untuk penelitian. Saran saya untuk membuat Skripsi ada baiknya mencari tema dan judul yang tidak terlalu sulit untuk mencari datanya. 

Selain itu kita juga harus sering-sering datang ke Perpustakaan Universitas untuk mencari bahan referensi, kita juga bisa baca-baca Skripsi yang sudah dipublikasikan untuk melihat cara penyusunannya sehingga kita punya gambaran seperti apa skripsi yang akan kita buat nanti dan bagaimana pengolahan datanya .  

Kalau kita sudah punya gambaran bagaimana cara penyusunannya maka akan mempermudah kita untuk pembuatan layout Skripsi yang akan kita susun, Yang perlu kita perhatikan bahwa Skripsi ini merupakan karya mandiri kita maka keasliannya sangat penting. Karena itu tunjukanlah kemampuan kita dalam membuat Skripsi ini dengan baik jika kita sudah melakukan usaha yang besar serta kerja keras  saya yakin kalian akan mendapatkan nilai yang sepadan dengan perjuangan kalian. Selamat Berjuang ya.. 




No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^