Wednesday, April 7, 2021

Tak Ada Kata Terlambat Untuk Belajar


 

 Buku-Buku Referensi


Jika boleh cerita sedikit, setelah menikah saya menjadi Ibu Rumah Tangga fulltime artinya saya tidak bekerja di kantor , keseharian saya hanya di rumah ngurus keluarga, suami dan anak. Namun setelah sekian tahun menikah akhirnya saya berpisah dengan mantan suami karena banyak hal yang tidak bisa kami atasi bersama. 

Setelah berpisah dengan mantan suami, saya mulai kebingungan karena tidak memiliki mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Singkat cerita akhirnya saya mendapatkan pekerjaan juga di sebuah SMP Negeri di Jakarta setelah mencoba mencari pekerjaan kesana-kesini.

Tugas pertama saya bekerja di sekolah adalah di Bagian Perpustakaan. Terus terang saya tidak tahu apa yang harus saya kerjakan di Perpustakaan karena latar belakang pendidikan saya adalah Ekonomi Jurusan Akuntansi. Tapi bagi saya ini merupakan peluang baru untuk belajar tentang Ilmu Perpustakaan. Beruntung sekali waktu itu Kepala Perpustakaan saya sudah cukup berpengalaman sehingga banyak Ilmu tentang Perpustakaan yang beliau berikan kepada saya dan saya belajar ilmu ini benar-benar dari dasar sekali.

Bagi saya bisa bekerja diusia yang tak lagi muda merupakan satu peluang yang luar biasa karena itu saya harus mengejar kekurangan saya dengan belajar banyak hal yang tidak saya ketahui. Bagi mereka yang sudah berkarier diusia muda mungkin ini hal yang biasa saja. Tetapi bagi saya setiap waktu yang saya lewati sangat berharga sekali  karena banyak hal yang tidak saya pahami terutama dengan pekerjaan yang saya jalani. 

Sayangnya di sekolah saya belum mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan perpustakaan seperti yang saya harapkan karena persyaratannya kebanyakan mereka yang ikut pelatihan haruslah Pegawai Negeri Sipil sedangkan saya hanya karyawan honorer . Dan baru tahun 2019 yang lalu saya mengikuti pelatihan perpustakaan setelah sekian tahun bekerja di sekolah .

Tapi tidak apa-apa semuanya memang butuh proses dan kesabaran . Dan di tahun 2020 saya mulai dilibatkan oleh sekolah dalam pelatihan perpustakaan yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional melalui sistem daring karena kondisi Pandemi Covid19 yang membuat pelatihan perpustakaan akhirnya diadakan secara online. Saya selalu mengambil sisi positif dari setiap hal yang saya alami , setidaknya saya bisa tetap mengikuti pelatihan walaupun dari sekolah atau dari rumah.

Selain Ilmu Perpustakaan , masih banyak lagi ilmu pengetahuan yang ingin saya pelajari, karena banyak hal yang tidak saya pahami terutama mengenai Ilmu Administrasi Pemerintahan karena saya bekerja di Sekolah Negeri maka saya perlu mempelajari ilmu tersebut dan untuk mengejar keterlambatan saya , maka saya harus lebih banyak belajar dari orang lain yang sudah lama bekerja di bidang ini.

Saat ini usia saya sudah memasuki 44 Tahun, di usia saya ini seharusnya saya sudah menduduki jabatan yang cukup tinggi jika sejak muda saya sudah bekerja, namun saya tidak pernah menyesali apa yang sudah terjadi. Bagi saya saat ini adalah peluang besar untuk belajar banyak hal yang ingin saya pelajari karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan untuk apa belajar diusia yang sudah tidak muda lagi ? bukankan ini saatnya kita berleha-leha sambil menikmati usia yang beranjak senja ?.

Saya tidak akan menyalahkan orang yang memiliki pemikiran seperti itu, mungkin mereka sudah banyak melakukan banyak hal diusia muda mereka sehingga mereka merasa tidak perlu berusaha keras diusia mereka yang sudah mulai menua. Tapi bagi saya yang belum banyak melakukan banyak hal diusia muda saya maka saya ingin memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya.

Saya ingin belajar banyak hal saat ini dan saya ingin membagi pengalaman yang saya dapatkan melalui tulisan saya karena saya ingin disaat saya menutup mata nanti saya meninggalkan kenang-kenangan berupa karya yang bisa dinikmati oleh anak cucu saya kelak. 

Saya mungkin tidak bisa meninggalkan sesuatu yang berharga bagi mereka tetapi saya ingin mereka bisa membaca karya-karya saya melalui tulisan yang saya buat. Ya saya ingin menjadikan tulisan saya sebagai warisan bagi anak cucu saya kelak dan mungkin juga dapat bermanfaat untuk orang lain juga.

Karena itu saya akan terus belajar banyak hal dan menulis banyak hal yang saya alami dan pikirkan semoga tulisan ringan ini bisa sedikit menghibur orang lain atau memberikan motivasi kepada orang lain untuk berbuat yang lebih dari apa yang saya lakukan saat ini. 

Jika teman-teman ingin belajar banyak hal saat ini maka lakukanlah , belajar apa saja yang teman-teman sukai, seperti belajar bernyanyi, main alat musik, masak, naik kuda , naik kendaraan pribadi dan sebagainya. Walaupun usia kita tak lagi muda tapi selama kita punya keinginan kuat untuk mencapai tujuan kita maka saya yakin semua pasti dapat kita pelajari asalkan kita menikmati apa yang kita pelajari maka semuanya akan terasa ringan bagi kita untuk dipelajari.

Sampai berjumpa di obrolan ringan lainnya ya... salam..!!










2 comments:

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^