Saturday, April 10, 2021

Perjalanan Waktu


 Sumber Gambar Dari Google


Akhir-akhir  banyak sekali Drama Korea yang dibuat dengan Tema "Perjalanan Waktu". Sebut saja salah satunya adalah Drama Korea yang berjudul Sisyphus The Myth yang baru tamat hari kamis kemarin tanggal 8 April 2021 yang diproduksi oleh JTBC dan ditayangkan di Netflix.

Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas tentang drama ini, tetapi saya ingin membahas tentang inti cerita dari drama ini yang cukup menarik bagi saya yaitu mengenai perjalanan waktu. Kalau teman-teman sudah menonton drama ini pasti tahu akhir dari ceritanya.

Sebagai penonton secara pribadi saya mengambil kesimpulan dari drama ini adalah "Betapa kerasnya kita berusaha merubah masa lalu, namun kita tidak bisa merubah ketentuan Tuhan atas diri kita dan apa yang kita lakukan saat ini akan menentukan masa depan kita". 

Secara singkat Drama ini menceritakan tentang perjalanan waktu ke masa lalu yang dilakukan oleh seorang gadis yang bernama Kang Seo Hae yang diperankan oleh artis Park Shin Hye untuk mencegah terjadinya perang nuklir di Korea Selatan . Dia harus menemukan seorang pria yang bernama Han Tae Sul yang diperankan oleh aktor Cho Seung Woo karena pria ini menjadi kunci utama untuk mencegah terjadinya perang nuklir di masa depan . 

Han Tae Sul seorang Ilmuwan muda jenius yang berhasil mengembangkan mesin "Pengunduh" yang bisa memindahkan barang dari satu lokasi ke lokasi yang berbeda yang kemudian berkembang menjadi mesin yang mampu memindahkan barang dan orang dari masa ke masa, kalau kita bilang seperti mesin perjalanan waktu ya. Karena mesin ini lah maka terjadi perang nuklir di Korea Selatan yang menyebabkan kehancuran dan kerusakan masal dan menimbulkan radiasi nuklir yang mengakitkan banyak jatuh korban baik jiwa maupun benda.

Kalau kita menyaksikan drama ini begitu mengerikan dampak dari perang nuklir itu karena harta sudah tak berharga di masa depan semuanya hancur lebur, hanya sedikit sekali orang yang bisa bertahan dalam kondisi seperti itu dan yang terjadi adalah hukum rimba siapa yang kuat maka dia lah yang bisa bertahan. Karena itu Kang Seo Hae berupaya ke masa lalu untuk mencegah terjadinya perang dan menemukan orang yang membuat alat tersebut.

Setelah saya menyaksikan drama ini saya jadi berpikir seandainya lah orang di masa depan nanti bisa menciptakan mesin waktu apakah mereka akan berusaha kembali ke masa lalu untuk merubah masa lalu sehingga kehidupan di masa depan dapat lebih baik lagi ?

Karena dari drama ini saya seperti melihat bahwa orang-orang di masa depan akan menyalahkan orang-orang di masa lalu karena perbuatan orang-orang di masa lalu menentukan kehidupan  orang-orang di masa depan. Kalau kita lihat kondisi kita saat ini kita tidak akan pernah menyangka bahwa apa yang kita lakukan pada saat ini akan berdampak pada masa depan anak cucu kita kelak. 

Dan ternyata setiap individu yang hidup di masa ini memiliki peranan penting karena akan menentukan masa depan . Mungkin tak banyak orang yang menyadari bahwa apa yang dia perbuat hari ini akan menentukan nasib generasi yang akan datang.  Misalkan jika kita terus-menerus merusak hutan lindung dan merubahnya menjadi pemukiman dan perkebunan maka apa yang akan terjadi 20 hingga 30 tahun yang akan datang ?. Sedangkan kita membutuhkan hutan untuk  menjaga keseimbangan alam dan membantu menjaga bumi dari pemanasan global. 

Terus terang saya bukan ilmuwan yang ahli ilmu fisika , kimia dan biologi tapi saya berpikir bahwa mungkin saja suatu saat mesin waktu ini bisa dibuat karena Tuhan memberikan kemampuan kepada manusia untuk berkreasi dan berinovasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi hal ini bukanlah menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan di masa depan. 

Jangan sampai genarasi yang akan datang  menyalahkan kita, orang-orang di masa lalu karena meyebabkan kehancuran di bumi  sehingga menimbulkan kesulitan di masa depan. Oleh karena itu saat ini perlu di pikirkan bagaimana mengembangkan tehnologi yang ramah lingkungan , listrik yang ramah lingkungan , bahan bakar yang ramah lingkungan, menjaga kelestarian hutan dan ekosistemnya , dan masih banyak lagi hal-hal yang harus kita kembangkan untuk menjaga agar bumi tetap terjaga dan mengurangi kerusakan alam. 

Kita mungkin tidak bisa merubah ketentuan Tuhan atas apa yang akan terjadi di masa depan , tetapi kita bisa mencegah kerusakan bumi dari sekarang dan membuat kehidupan di masa depan lebih baik lagi dengan menjaga bumi dan melindungi bumi dari kerusakan yang lebih parah lagi. Tuhan menciptakan manusia lebih tinggi derajatnya dari mahluk ciptaan-Nya yang lain karena kita dibekali akal, pikiran dan perasaan sehingga kita bisa membuat keputusan dan menilai mana yang baik dan buruk untuk masa depan anak cucu kita kelak.

Saya berharap apapun peranan kita hari ini, dimanapun posisi dan jabatan kita saat ini semoga kita bisa membuat satu keputusan yang bijaksana dan terbaik bagi generasi yang akan datang. Karena kita memiliki peranan penting dalam menentukan masa depan anak cucu kita. Apa yang kita lakukan hari ini bukan saja berpengaruh terhadap diri kita sendiri tetapi juga terhadap lingkungan sekitar kita bahkan generasi yang akan datang.

Semoga para ilmuwan, tokoh masyarakat, para politikus dan orang-orang penting di dunia ini memahami hal ini,  bahwa setiap keputusan yang kita ambil dan lakukan akan berdampak pada masa depan anak cucu kita. Bijaksanalah dalam mengambil keputusan dan ciptakanlah satu inovasi yang bisa menjaga kelestarian alam dan bumi kita sehingga kita bisa memberikan masa depan yang cerah kepada generasi yang akan datang.

Demikianlah sedikit obrolan kita, agak berat memang tetapi hal ini perlu dipikirkan juga oleh kita dari sekarang. Karena setiap apa yang kita lakukan dan perbuat hari ini akan menentukan masa depan , baik buruknya apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi beban yang akan ditanggung oleh anak cucu kita kelak. 

Sampai jumpa di obrolan selanjutnya salam...!!







 






No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^