Friday, April 16, 2021

Menjadi Diri Sendiri


 

Beberapa bulan terakhir ini saya jadi sering membaca Buku Motivasi Diri karena kebetulan Sekolah saya mendapatkan bantuan Pojok Baca dari Bank Indonesia program " BI Corner", mungkin dilain kesempatan saya akan bercerita sedikit tentang BI Corner. Namun pada kesempatan ini saya akan bercerita sedikit tentang buku pengembangan diri yang saya baca.

Sebenarnya banyak buku yang kami terima dari program ini sekitar 350 Buku yang terdiri dari 250 Buku Berbahasa Indonesa dan 100 Buku Berbahasa Inggris. Sebagai petugas perpustakaan tugas saya adalah membuat katalog, klasifikasi, lable buku dan disposisi buku. 

Jadi ini merupakan kesempatan yang berharga buat saya karena sebelum Warga Sekolah membaca buku-buku tersebut saya harus tahu tentang buku-buku tersebut jadi ini kesempatan saya untuk membaca satu-persatu buku tersebut. Dari buku sumbangan yang diberikan beragam jenisnya dari buku pengembangan diri, fiksi, bisnis, pemasaran , perbankan dan lain sebagainya. 

Yang menarik buat saya buku pengembangan diri yang diberikan sangat beragam dan menurut saya sangat bermanfaat baik untuk para Siswa dan juga Guru serta karyawan. Salah satu buku yang menarik buat saya adalah buku yang berjudul "Kodok Pun Bisa Jadi Kerbau : Berjaya Menapaki Karier Yang Lebih Tinggi" karya Agung Adiprasetyo. Cetakan Pertama Jakarta, 2019.

Saya sebenarnya belum selesai membacanya tetapi saya ingin bercerita sedikit tentang buku ini karena menurut saya isinya cukup menarik, bahasanya mudah dipahami dan buku ini memberikan kesadaran kepada saya bahwa "Setiap orang berbeda, bahkan saudara Kembar Identik pun memiliki keunikannya masing-masing sehingga kita harus berupaya untuk mencari keunikan apa yang diberikan Tuhan kepada kita, karena dengan menggali keunikan itu bisa menjadi kekuatan dan rezeki untuk masing-masing individu".

Selain itu buku ini juga membangun kesadaran pada diri saya bahwa "Tidak ada orang yang bisa menentukan akan mendapat kartu apa dalam perjalanan hidupnya, ada yang mendapat katu bagus dalam hidupnya ada yang relatif jelek. Namun bukankah dalam berbagai permainan semua kartu memiliki makna dan nilai tersendiri?". Dan satu keyakinan bahwa "Saat dia bisa memahami apapun kartu yang didapatkannya, lalu bisa membuat langkah terbaiknya maka dia mungkin saja menjadi juara".

Maksud dari kalimat di atas adalah bahwa kita tidak pernah tahu perjalanan hidup kita, ada orang yang terlahir dari keluarga yang kaya raya sehingga tidak pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya ada orang terlahir dari keluarga yang sederhana bahkan cenderung kurang mampu sehingga harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meraih cita-citanya. Namun apapun kondisi yang kita terima dan hadapi jika kita mampu menjadikan kondisi itu sebagai pemicu semangat kita untuk maju dan berkembang maka kita bisa maju dan menjadi juara. 

Yang terpenting adalah kita berusaha menemukan keunikan dan potensi apa yang kita miliki dan berusaha untuk membangun potensi yang ada di dalam diri kita itu secara maksimal. Ini berarti bahwa kita harus berupaya menemukan jati diri kita dan menjadi diri sendiri. Kita tidak perlu menjadi orang lain atau meniru orang lain karena kita sendiri memiliki potensi yang belum terasah dengan baik.

Hal ini saya rasakan sendiri, dulu saya pernah berpikir bahwa saya tidak memiliki kemampuan apa-apa apalagi setelah lulus kuliah saya langsung menikah dan menjadi Ibu rumah tangga sepenuhnya sehingga saya merasa rendah diri karena pengetahuan saya minim sekali apa lagi saya sudah jarang membaca buku karena sibuk dengan berbagai aktivitas di rumah. 

Setelah saya bercerai dan mulai bekerja saya pun mulai bergaul dan kenal banyak orang setelah itu saya berkenalan dengan teman-teman di media sosial seperti Facebook dan dari sanalah saya mulai mengenal Kegiatan Blogger dan mulai menulis di Blog. 

Sebenarnya dari Sekolah Menengah Pertama saya sudah senang menulis karya ilmiah , ilmu menulis ini saya dapatkan dari Ibu saya yang kebetulan pernah bekerja di salah satu Instansi Pemerintahan, dari beliaulah saya belajar bahwa untuk menulis kita harus membuat layout atau kerangka berpikir tulisan yang akan kita buat. Karena itu sejak Sekolah Menengah Pertama saya tidak mengalami banyak kesulitan untuk membuat tugas karya tulis karena ibu saya selalu membantu saya dalam pembuatan layoutnya .

Kebiasaan menulis ini pun terus saya lanjutkan hingga Sekolah Menengah Atas dan tidak jarang banyak teman-teman saya yang minta bantuan dalam menyusun karya ilmiah dan saat kuliah saya juga pernah membantu teman dalam menyusun skripsinya terutama dalam masalah pengetikan . Jadi ketika saya memasuki kegiatan Blogger saya seperti mengingant kenangan lama.

Dari dunia blogger saya banyak mendapatkan ilmu pengetahuan karena dulu kami sering diundang untuk meliput berbagai kegiatan bukan hanya dari pihak swasta tetapi juga dari Instansi Pemerintahan. Banyak narasumber yang bagus-bagus dari berbagai disiplin ilmu sehingga saya merasa pengetahuan saya bertambah . 

Dari sini saya menyadari bahwa menulis adalah dunia saya, sejauh apapun kaki saya melangkah saya tidak bisa meninggalkan dunia menulis , walaupun kegiatan menulis sempat terhenti ketika saya menikah dah memiliki anak, namun ternyata inilah dunia saya.

Setelah Saya berhenti dari kegiatan blogger, saya terus menulis walaupun hanya berupa catatan kecil seperti saat ini , dan niat saya saya akan terus menulis hingga saya menutup mata nanti dan semoga tulisan saya dapat bermanfaat untuk orang lain. 

Jadi sebanyak apapun kita membaca buku pengembangan diri dan motivasi kuncinya ada pada diri kita sendiri , apakah kita mau maju dan berkembang atau kita hanya ingin jalan ditempat. Jadi kenali diri kita sendiri gali potensi yang ada di dalam diri kita ekspolasi dengan sedalam-dalamnya hingga kita bisa menemukan jati diri kita sendiri.

Sampai berjumpa di obrolan selanjutnya salam...!!




No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^