Sunday, April 11, 2021

Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Membaca


 Beberapa Buku Koleksi Perpustakaan Pusat Kebudayaan Korea Di Jakarta 


Satu hal yang saya syukuri hingga saat ini adalah bahwa sejak kecil saya sudah terbiasa untuk membaca buku, mungkin hobbi ini menurun dari Almarhum Ayah saya, karena beliau sangat suka membaca buku dan saya ingat betul setiap akhir pekan beliau selalu membawa saya dan adik-adik saya jalan-jalan ke toko buku untuk membeli buku cerita anak-anak. Dan yang herannya setelah kami dewasa dari tiga bersaudara hanya saya yang suka membaca hingga saat ini. 

Dan saat saya melamar pekerjaan di SMP  Negeri di Jakarta dan ditugaskan di Perpustakaan Sekolah dengan senang hati saya melaksanakannya karena saya senang membaca dan di Perpustakaan Sekolah salah satu tugasnya adalah menyeleksi buku yang akan dibaca oleh para siswa, jadi sebelum siswa membaca bukunya maka saya sebagai petugas perpustakaan harus mengetahui isi buku tersebut sehingga saya bisa menentukan bahwa buku ini layak atau tidak untuk dibaca siswa. 

Dengan demikian saya harus bisa membaca buku dengan cepat dan mengklasifikasikan buku sesuai dengan katagorinya dan menyeleksi buku tersebut apakah bisa di baca oleh siswa atau tidak. Bagi yang tidak suka membaca mungkin ini bukan pekerjaan yang menyenangkan bahkan cendrung membosankan. Tetapi saya bersyukur karena sudah terbiasa membaca dari kecil sehingga hal ini bukan masalah untuk saya.

Ya.. mungkin banyak yang beranggapan bahwa membaca merupakan hal yang membosankan dan  membuang-buang waktu, tetapi ada hal yang sering kita lupakan adalah bahwa daya ingat kita ini terbatas, semakin banyak hal yang kita ingat maka semakin banyak juga hal yang kita lupakan. Contohnya saja dari Sekolah Dasar kita sudah diajarkan pelajaran mengenai sejarah bangsa kita, kemudian ditambah saat sekolah Menengah Pertama pelajaran sejarahpun terus bertambah hingga Sekolah Lanjutan Atas.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah berapa persen kita mampu mengingat pelajaran sejarah yang kita dapatkan saat kita sekolah dulu ? 50% , 75% atau 100% , saya rasa tidak sampai 50% , kenapa ? Karena semakin bertambahnya usia kita maka informasi yang kita dapatkan semakin bertambah dan semakin penuh bank memori kita sehingga banyak hal yang terlupakan oleh kita karena kemampuan daya ingat seseorang pun terbatas. Dan bisa mengalami penurunan dengan bertambahnya usia kita.

Seperti sebuah Komputer yang memiliki Memory Internal, kapasitas memory kita juga berbeda-beda setiap individu, ada yang memiliki kapasitas memory yang besar sehingga mampu mengingat begitu banyak informasi yang ia dapatkan tetapi juga ada orang yang memiliki memory yang terbatas sehingga tidak bisa mengingat banyak hal . Kalau saya menilai kemampuan memory saya adalah pada kisaran rata-rata karena dari sekian banyak informasi dan kenangan yang saya miliki banyak juga yang terlupakan dan anehnya saya banyak mengingat kejadiaan pada saat saya anak-anak dibandingkan saat saya remaja .

Berdasarkan hal di atas maka menurut saya kegiatan membaca merupakan satu cara untuk merefresh daya ingat kita atau memperbaharui daya ingat kita yang mungkin sudah banyak terlupakan. Karena itu menurut saya jika kita ingin mencegah penurunan daya ingat kita maka kita harus memanfaatkan kegiatan membaca untuk mengupdate daya ingat dan pengetahuan kita setiap harinya. 

Manfaatkan Waktu Luang kita yang tidak banyak untuk membaca buku atau bahan literasi yang kita minati , apalagi sekarang media untuk membaca banyak ragamnya bisa melalui buku dalam bentuk fisik atau berupa e-book atau kita juga mencari bahan bacaan di internet karena begitu banyak informasi yang bisa kita dapatkan melalui kegiatan berselancar di dunia maya (Browshing).

Tetapi saran saya carilah website-website yang memberikan informasi yang akurat dan terpercaya karena banyak juga di dunia maya yang tulisannya perlu kita gali kebenarannya. Dengan adanya internet informasi dapat segera kita peroleh namun di sisi lain kita juga harus memiliki kemampuan untuk menyaring setiap informasi yang kita dapatkan karena banyak juga beredar informasi dan berita Hoax atau berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Karena itu saya pribadi lebih suka untuk membaca buku dalam bentuk fisik atau e-book dibandingkan mencari informasi di internet, terutama sekali yang berhubungan dengan masalah keilmuan seperti teori atau pendapat para ahli. Karena jika kita membaca buku kita akan tahu sumber informasinya dari mana didapatkan apakah melalui penelitian langsung atau melalui penelitian putaka.

Inti pembahasan saya kali ini adalah bahwa kemampuan daya ingat manusia terbatas apalagi dengan bertambahnya usia kita maka daya ingat kita pun akan mengalami penurunan karena itu manfaatkan kegiatan membaca untuk menyegarkan kembali daya ingat kita, luangkan lah waktu untuk membaca disaat kita sedang istirahat di rumah atau dikantor.

Dengan membaca daya ingat kita akan terus diperbaharui dan satu lagi keuntungan dari membaca adalah wawasan dan pengetahuan kita akan bertambah sehingga hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri kita jika berhadapan dengan orang-orang yang baru kita kenal atau lingkungan baru. Karena biasanya saat kita bertemu dengan orang baru atau rekan bisnis ada saja topik yang menjadi bahan perbincangan, jika wawasan dan pengetahuan kita sedikit maka kita akan merasa minder dan tidak percaya diri karena kita tidak mengerti apa yang sedang diperbincangkan. Tetapi jika kita terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita maka hal ini tidak akan menjadi kendala untuk kita .

Jadi jangan jemu untuk terus meningkatkan daya ingat dan memperluas ilmu pengetahuan kita dengan banyak membaca , karena jika membaca sudah menjadi bagian dari keseharian hidup kita maka hal itu akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk kita. 

Baiklah sampai jumpa di obrolan selanjutnya, Salam Literasi...!!




No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^