Saturday, April 24, 2021

Jangan Menumpuk Tugas dan Tanggungjawab

 

 Foto Koleksi Pribadi

Selama tubuh masih menyatu dengan jiwa maka manusia tidak akan pernah lepas dari masalah, kenapa demikian ? Karena selama kita hidup di dunia ada saja hal yang menjadi penyebab munculnya masalah. 

Sebenarnya apa sih arti dari kata masalah itu ?. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata dari masalah adalah "Sesuatu yang harus dipecahkan (diselesaikan)".  Sedangkan menurut Sugiyono (2009:52) masalah diartikan sebagai penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang benar-benar terjadi, antara teori dengan praktek, antara aturan dengan pelaksanaan, antara rencana dengan pelaksana.  Dengan demikian dapat saya simpulkan secara sederhana bahwa masalah adalah suatu keadaan atau kondisi dimana adanya ketidaksesuaian antara yang seharusnya terjadi dengan yang benar-benar terjadi atau adanya ketidaksesuaian antara aturan yang sudah dibuat dengan pelaksanaanya. 

Tanpa kita sadari bahwa seluruh hidup kita penuh dengan aturan baik di dalam rumah maupun diluar rumah. Sejak kecil kita sudah diajarkan oleh orang tua kita bagaimana bersikap dan bertingkah laku yang baik, bagaimana beribadah menurut agama dan keyakinan masing-masing dan masih banyak aturan yang sudah diterapkan kepada kita sedari dini.

Kemudian setelah kita memasuki masa sekolah , kita diajarkan mengenai tata tertib di sekolah , bagaimana bersikap dan berprilaku sebagi seorang pelajar yang baik , bagaimana bersikap terhadap para Guru dan Teman-teman sekolah. Hingga kita dewasa kita berhadapan dengan banyak peraturan hidup yang harus kita jalani. 

Selain peraturan, kita juga dihadapkan pada tugas dan tanggungjawab. Sejak kita memasuki usia sekolah maka hidup kita dipenuhi dengan tugas dan tanggungjawab. Dan semakin kita dewasa tugas dan tanggungjawab yang kita pikul semakin berat dan melelahkan.

 Ada saatnya kita merasa jenuh  dan ingin istirahat sejenak dari semua aturan, tugas dan tanggungjawab yang dibebankan kepada kita, sehingga kita menunda melaksanakan aturan, tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada kita . Namun jika kita terus menunda-nunda mengerjakan apa yang sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita maka hal ini dapat menimbulkan masalah.

Semakin sering kita menunda-nunda mengerjakan aturan , tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada kita maka masalah akan semakin menumpuk, pada awalnya hanya sedikit dan tidak mengganggu tetapi semakin lama ditunda maka lama-kelamaan akan menjadi banyak dan semakin besar masalah yang kita hadapi . 

Kadang kala kita beranggapan tidak apa-apa jika menunda atau tidak  menyelesaikan tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada kita. Namun ada hal yang kita lupa bahwa kita akan diminta pertanggungjawaban atas semua tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada kita, baik kepada sesama manusia maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga kita tidak bisa lalai dari tugas dan tanggungjawab yang sudah diberikan kepada kita .

Karena itu jangan menumpuk tugas dan tanggungjawab yang sudah diberikan kepada kita, selesaikan semua tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya agar hidup kita tidak penuh dengan masalah.

Karena Tuhan sudah memberikan nikmat hidup yang luar biasa kepada kita maka kita harus memberikan imbalan atas semua fasilitas yang telah diberikan kepada kita dengan melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita dengan sebaik-baiknya  baik sebagai anak, sebagai hamba Tuhan, sebagai orang tua , sebagai guru, sebagai bagian dari masyarakat dan sebagai bagian dari penduduk bumi.


Sampai jumpa di obrolan selanjutnya ,... salam ^_^


Daftar Pustaka :

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).  Bandung: IKAPI.




 





No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^