Friday, May 18, 2018

Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sedari Usia Dini

Saya Dan Keponakan
Sumber Foto : Koleksi Pribadi

Saat ini banyak sekali Orang Tua yang mengeluhkan tentang sulitnya pelajaran anak-anak Sekolah Dasar khususnya anak Sekolah Dasar Kelas Satu. Dengan berlakunya Kurikulum 13 ini diharapkan para siswa lebih aktif di dalam Kelas sehingga pelajaran yang diberikan lebih banyak kepada melatih kreativitas anak dan motorik halusnya sehingga banyak sekali tugas-tugas yang diberikan kepada mereka berupa praktek, seperti mewarnai Gambar, membuat pohon dari kertas karton, Menempel Gambar dengan Kulit Telur Ayam dan Biji-bijian serta keterampilan lainnya.

Selain itu dengan adanya ketentuan Masuk Sekolah Dasar Usia 7 Tahun diharapkan anak-anak ini sudah miliki kemampuan dasar seperti , membaca, menulis dan berhitung yang cukup baik sehingga saat memasuki Sekolah Dasar mereka tidak mengalami kesulitan dalam menerima pelajarannya.

Namun pada kenyataan masih banyak anak-anak Kelas Satu Sekolah Dasar yang masih mengalami kesulitan membaca dan menulis sehingga dia mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran di dalam Kelas, para Guru biasanya meminta kerjasama Orang Tua Murid untuk melatih Putera-Putrinya belajar menulis dan membaca di Rumah .

Saya pun pernah mengalami hal yang sama. Sedikit sharing dari Saya, waktu Putra Saya Kelas 3 Sekolah Dasar Dia mengalami kesulitan untuk membaca sehingga banyak ketinggalan pelajaran di dalam kelasnya.

Dan saat pengambilan Rapot Semester  Ganjil Gurunya mengeluhkan hal ini kepada saya. Sebagai Ibunya Saya merasa sedih karena khawatir dia akan tinggal Kelas jika tidak bisa membaca dengan lancar karena dia akan mengalami kesulitan untuk mengikuti pelajarannya.

Waktu itu Saya berpikir keras, bagaimana carannya agar anak Saya bisa membaca dengan lancar. Langkah awal yang Saya lakukan adalah mencari minatnya. Karena sulit sekali mengajarkan  membaca kepada mereka jika mereka tidak suka dengan buku bacaannya.

Setelah Saya pelajari, sepertinya anak Saya suka dengan komik, karena dia sering minta dibelikan komik walaupun tidak bisa membacanya.

Akhirnya Saya mulai, membuka Rasa ingin bisa membacanya dengan cara membacakannya buku komik yang dia suka, kemudian di lain kesempatan Saya menantang dia untuk membaca beberapa kata dalam komik itu. Jika anak kita penasaran dengan ceritannya maka dia akan berusaha untuk membacanya walaupun dengan cara dieja.

Hal ini terus menerus Saya lakukan, di lain kesempatan Saya hanya membelikan Dia komik edisi terbaru Dan membiarkannya untuk membacanya sendiri, Sedikit Demi Sedikit akhirnya Dia mulai lancar untuk membaca.

Memang tidak mudah menumbuhkan  Minat membaca pada anak-anak apalagi yang sudah agak besar seperti Putra Saya, para Orang Tua harus bekerja keras untuk mencari cara agar anak-anak ini tertarik  mau membaca buku.


Sebenarnya akan lebih mudah bagi para Orang Tua Untuk menumbuhkan Minat Membaca pada anak-anak sedari Usia Dini. Karena pada masa balita daya tangkap mereka sangat bagus sekali sehingga akan lebih mudah mengajarkan kepada mereka ketimbang anak-anak yang sudah mulai besar.

Caranya bagaimana ? Banyak cara yang bisa dilakukan Oleh Orang Tua salah satunya adalah dengan melakukan Story Telling atau Membaca Buku dengan Ekpresi Wajah dan Suara.

Balita paling senang jika berkomunikasi dengan Kedua Orang Tuanya melalui ekspresi wajah, mereka akan senang sekali jika di saat mereka hendak tidur kita membacakan sebuah buku cerita kepada mereka. Jika mereka sudah suka dengan sebuah buku maka setiap menjelang tidur atau di waktu dia bermain dia ingin kita membacakan buku itu untuk mereka. Dan dengan mudah mereka akan mengingat nama-nama tokoh dalam cerita itu.

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan menjadi sebuah kebiasaan maka akan mudah baginya untuk memahami kalimat demi kalimat, selain itu kosa kata mereka pun akan semakin bertambah.

Hal ini bisa dilakukan oleh semua Orang Tua, tinggal mau atau tidak untuk mencobanya. Karena masih banyak juga para Orang Tua yang tidak suka untuk membaca buku. Sehingga tidak mengherankan jika anak-anak mereka pun enggan untuk membaca.

Semua ini memang merupakan proses pembiasaan di dalam rumah, jika  kita ingin anak-anak kita gemar membaca maka para Orang Tua pun harus menjadikan kegiatan membaca sebagai aktivitas rutin di rumah. Dan cobalah untuk berdiskusi dengan anak-anak tentang buku bacaan yang sedang mereka baca dan berikan pujian kepada mereka atas kemampuan membacanya yang terus berkembang , sehingga anak-anak ini semakin bersemangat untuk belajar membaca.

Demikianlah sedikit sharing dari saya semoga ada manfaatnya. Sampai berjumpa dilain topik ya^^


6 comments:

  1. Jadi, berilah contoh kepada anak-anak agar ia biasa membaca. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Roosyid Orang Tua adalah Guru terbaik bagi anak-anaknya dan Anak-anak adalah siswa tercerdas karena sangat cepat meniru prilaku kedua Orang Tuanya, termasuk kebiasaan untuk Gemar Membaca

      Delete
  2. salah satu pancingannya dg membuat anak kepo dg apa yg kita baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Pak Victor , dulu Saya suka juga membaca Komik Naruto, sebelum anak Saya bisa Baca dia suka keep dengan Komik Naruto yang Saya Baca, Dan karena Komik itulah dia bisa lancar membacanya.

      Delete
  3. Benar sekali mom, tidak mudah menumbuhkan minat baca. Anak smp pun masih byk yg blm bs baca. Anak ku meskipun blm bisa baca krn blm TK juga sudah memiliki minat baca. Caranya dengan yg menyenangkan seperti majalah anak.. juga bs menumbuhkan keingintauan drpd di paksa anak biasanya lebih suka mengikuti nalurinya sesuai usia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau sudah memiliki Minat Baca walaupunasih TK tetapi dia sudah memiliki ketertarikan dengan buku itu merupakan hal yang sangat baik, semoga si Adik lancar membacanya ya Bunda , terimakasih atas kunjungannya^^

      Delete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^