Tuesday, October 24, 2017

Yuk Dukung Aksi Pemerintah Dalam Pemberantasan Obat Ilegal Dan Penyalahgunaan Obat


Saya pun ikut ambil bagian dalam Aksi Nasional Tolak Penyalahgunaan Obat Dan Napza
Meningkatnya kasus penyalahgunaan obat dikalangan remaja saat ini  sudah sampai pada taraf memprihatinkan, apalagi dengan ramainya pemberitaan baik di media cetak  dan media elektronik termasuk media sosial mengenai Penggunaan PIl PCC di Daerah Kendari yang telah memakan korban anak-anak remaja. menambah deretan kasus penyalahgunaan obat dikalangan remaja dewasa ini.

Persoalan Peredaran Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat sudah menjadi permasalahan Nasional yang menyita perhatian banyak pihak termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, karena itu Pada Tanggal 03 Oktober 2017 yang lalu BPOM menyelenggarakan Aksi Nasional dengan Tema "Pemberantasan Penyalahgunaan Obat" yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Ir. Penny K. Lukito, Kepala Bareskim, Perwakilan dari Kementerian dan berbagai perwakilan dari lembaga Non Kementerian termasuk Awak Media Dan Blogger yang dilaksanakan di Bumi Wisata Cibubur.

Namun Aksi Nasional " Pemberantasan Penyalahgunaan Obat" tidak berhenti sampai di sini Pada Hari Minggu, 22 Oktober 2017 BPOM RI menyelenggarakan aksi lanjutan yang diselaenggarakan di area Car Free Day Jakarta dari Jam 06.00-09.00 Wib. Aksi Nasional ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi Penyalahgunaan Obat Dan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza).

Kegiatan yang dilaksanakan di area CFD Bundaran HI mengusung Tema "Tolak Penyalahgunaan Obat Dan Napza". Kegiatan ini dihadiri oleh  Kepala BPOM RI, Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Jendral Polisi Budi Waseso, Kepala Kepolisian RI (POLRI) Jendral Polisi Tito Karnavian, Anggota Kongres Wanita Indonesia (Korwani), Perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Ikatan Apotiker Indonesia (IAI), Para Pelajar Tingakt Menengah atas (SMA) dan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Farmasi di Jakarta.



Aksi Nasional "Tolak Penyalahgunaan Obat dan Napza" di isi dengan berbagai kegiatan antara lain gerak jalan yang diikuti oleh para pelajar SMA, Mahasiswa dari Perguruan tinggi Farmasi, Para Apotiker dan Ibu-ibu dari Kowani serta masyarakat yang hadir di area tersebut. Setelah itu mereka berkumpul bersama di depan panggung utama Aksi Nasional Tolak Penyalahgunaan Obat Dan Napza dan melakukan senam bersama.
Panggung Utama Aksi Nasional "Tolak penyalahgunaan Obat Dan Napza"
Setelah senam bersama para peserta Aksi Nasional melakukan ikrar bersama untuk sama-sama memerangi Penyalahgunaan Obat Dan Napza karena kami menyadari bahwa masa depan Bangsa Indonesia ada ditangan Generasi Muda Oleh itu seluruh elemen masyarakat harus bersatu padu memerangi Penyalahgunaan Obat dan Napza terutama dikalangan remaja.

Selain itu dalan Aksi Nasional ini pula para pengunjung yang hadir dapat berkonsultasi secara langsung dengan petugas lab BPOM RI karena di lokasi telah disediakan Mobil Lab BPOM RI. Kita juga dapat melihat berbagaijenis obat ilegal yang sudah ditarik dari peredaran dan beberapa obat anti depresan dan obat penenang yang sering disalahgunakan,obat-obat tersebut antara lain :

Alprazolm merupakan obat penenang yang mempunyai kandungan psikotropika
Alprazolam merupakan obat golongan benzodiazepine yang biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan dan serangan panik, Alprazolam bekerja di dalam otak dan saraf untuk menghasilkan efek menenangkan dengan meningkatkan aktifitas zat kimia alami dalam tubuh yang disebut Asam Gamma Amminobutirat.  Pembelian Obat ini harus berdasarkan resep dokter dan penggunaanya juga dalam pengawasan dokter, namun obat ini banyak disalahgunakan oleh para pecandu narkoba karena mengandung Psikotropika.


Obat Pereda rasa sakit yang mengandung Piskotropika
Trihexyphenidril adalah obat yang diguankan untuk mengatasi gangguan gerak yang tidak normal dan tidak terkendali akibat penyakit Parkinson atau efek samping obat, sama dengan Trihexyphenidril , Hyxymer juga merupakan obat yang digunakan oleh penderita Parkinson, kedua obat ini mempunyai kandungan psikotropika yang penggunannya harus dalam pengawasan dokter, namun pembelian obat ini secara ilegal dapat disalahgunakan oleh para pecandu narkotika.

Obat Ilegal yang ada di pasaran
 Berikut ini adalah beberapa obat Ilegal yang ditemukan dipasaran oleh BPOM RI, dikatakan ilegal karena obat tersebut tidak terdaftar oleh BPOM RI, karena itu masyarakat selalu diingatkan untuk selalu waspada terhadap peredaran obat palsu dan Ilegal karena dapat berakibat buruk pada kesehatan kita.



 Kita juga harus berperan aktif dalam mengedukisi generasi muda kita agar mereka tidak terperangkap dalam penyalahgunaan obat dan Narkotika karena penyalahgunaan obat dan narkotika tidak hanya merusak fisik mereka tetapi mental mereka juga bahkan bisa mengakibatkan kematian akibat over dosis.

Aksi Nasional yang digaungkan oleh pemerintah tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh seluruh elemen dan lapisan masyarakat oleh karena itu mari kita Bentengi Generasi muda kita dengan Iman dan taqwa, pengetahuan serta kasih sayang agar mereka terhindar dapi penyalahgunaan Napza



Dan kepada seluruh keluarga di Indonesia untuk membeli obat pada Apotik-Apotik Resmi dan Terdaftar dan kita dihimbau untuk tidak membeli obat secara online karena untuk menghindari peredaran Obat Palsu dan Ilegal. Kewaspadaan kita sangat diperlukan agar kita tidak salah dalam membeli obat, jadilah konsumen yang cerdas yaitu cerdas dalam membeli obat serta menggunakannya dengan tepat dan benar sesuai dengan ketentuan dokter.
 

 

Demikianlah rangkaian kegiatan pada acara Aksi Nasional Tolak Penyalahgunaan Obat Dan Napza yang diselenggarakan diarea Car Free Day Minggu 22 Oktober 2017 yang lalu , semoga kegiatan ini dapat mengugah seluruh lapisan masyarakat untuk selalu cermat dan cerdas dalam menggunakan obat dan bila sakit segera berkonsultasi kedokter agar mendapat penanganan yang tepat. 
Terimakasih kepada BPOM RI dan Kordinator Blogger Cihuy Bunda Elisa Koraag yang memeperkenankan saya mengikuti rangkaian kegiatan ini banyak sekali informasi bermanfaat yang saya dapatkan semoga dapat bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan saya.

8 comments:

  1. masih banyak yang awam nih soal pemakaian obat ya. kebanyakan percaya aja sama katanya katanya..

    ReplyDelete
  2. Betul, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat banget buat masyarakat supaya kita tahu bahayanya penyalahgunaan obat ya

    ReplyDelete
  3. semoga perusahaan farmasi juga tidak menggemborkan produknya sebagai obat dewwa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn, kemarin ada beberapa perusahaan farmasi juga hadir di acara ini dang mengikrarkan untuk ikut berperang melawan obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat, semoga harapan kita terujud ya, terimakasih atas kunjungannya ya

      Delete
  4. Padahal kebanyakan obat penenang khusus gangguan kejiwaan gitu kok yaa dibeli dan dipake sendiri buat "mengedankan" diri. Aneh2 ya... Perlu ekstra dekatkan diri pada anak biar gak coba2 beli obat2 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak remaja memang suka mencoba hal yang baru dan kekiniaan, ya Kids jaman now gitu lo kalau engga pake dianggap kampungan sama teman-teman pergaulannya karena itu mungkin kita harus melakukan pendekatan persuasif enggak bisa dikerasin tapi diarahkan lah agar mereka jangan salah bergaul dan bahyanya penyalahgunaan obat buat mereka sehingga mereka tidak akan tertarik untuk mencobanya, terimakasih atas kunjungannya ya^^

      Delete
  5. apotik juga perlu pengawasan ketat ya kalau jual obat tanpa resep.

    ReplyDelete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^