Monday, September 26, 2016

Nestle Lactogrow Happy Date : Dengan Bermain Bersama Antara Orang Tua Dan Anak Tingkat Kebahagiaan Keluarga Akan Meningkat





Di Era Modern seperti saat ini di mana tuntutan dan kebutuhan hidup semakin tinggi tidak mengherankan jika pasangan suami - Istri bekerja di luar rumah. Biasanya Jika kedua orang tuanya bekerja maka pengasuhan anak-anak di rumah diserahkan kepada Kakek dan Neneknya apabila masih tinggal dalam satu rumah. Namun jika pasangan suami-istri muda ini sudah memiliki rumah sendiri maka pengasukan anak-anak mereka diserahkan kepada Pengasuh Bayi atau Asisten Rumah Tangga. 

Kondisi ini sering kali membuat hubungan emosional antara orang tua dengan anak menjadi agak renggang karena anak-anak akan menjadi lebih dekat dengan Kakek-Neneknya yang seharian penuh menemani mereka di rumah atau dengan pengasuhnya atau Asisten Rumah Tangga di rumah. Ditambah kita jarang berkomunikasi atau bermain bersama anak-anak setelah pulang bekerja karena sudah kelelahan. 

Akibatnya adalah ikatan emosional kita dengan anak menjadi renggang, orang tua lebih emosional dalam menghadapi prilaku anak-anak mereka yang sering kali di sebut "Nakal" , padahal bisa saja hal ini terjadi karena anak-anak ini kurang mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya sehingga untuk menarik perhatian kedua orang tuanya dia melakukan sesuatu hal yang membuat orang tuanya marah dan lebih memperhatikannya. Kondisi seperti pastilah membuat keluarga tidak nyaman dan bahagia.

 
Berdasarkan hal ini maka Nestle melakukan sebuah riset untuk mengukur tingkat Kebahagian Ayah dan Ibu dengan melakukan stimulasi.  Hasil studinya yang dilakukan oleh Nestle di paparkan dalam Dialog Parenting yang diadakan pada Tanggal 17 Desember 2016 dengan tema Lactogrow Happy Date "Bagaimana Happy Date Bersama Keluarga Ciptakan anak Yang Bahagia dan Berkarakter Kuat". Acara ini dihadiri oleh Brand Manager Nastle LACTOGROW, Gusti Kattani Maulani, Pakar Gizi Medik dari Universitas Indonesia DR.Dr. Saptawati Bardosono, MSc , Piskolok Rini Hildayani M.Si dan Pasangan Suami Istri Artis Fachri Albar dan Renata Kusmanto. acaraini berlangsung di Plaza Bapindo, Citibank Tower Jl. Jnd. Sudirman , Jakarta.

Para pengisi Acara Di Lactogrow Family Date

Hasil Studi Evaluasi atas stimulasi yang dilakukan menunjukan bahwa dengan Bermain Bersama anak tingkat Kebahagiaan ayah Dan Ibu akan Meningkat sebesar 18%. Menurut Brand Manager Nestle LACTOGROW, menyatakan bahwa " Haasil studi ini menunjukan bahwa bermain bersama terbukti dapat memeperkuat kasih sayang , ikatan (hubungan), kehangatan  kekompakan, serta memebuat hubungan antara orang tua dan anak lebih menyenangkan. Melihat hasil studi yang semakin menegaskan pentingnya kebahagiaan dalam keluarga, Nestle LACTOGROW tergerak untuk terus memberikan wadah dimana para anggota keluarga dapat menikmati momen kebersamaan melalaui Happy Date".

Brand Manager Nestle LACTOGROW Gusti Kattani Maulani

Terkait hasil studi yang dilaksanakan maka dalam kesempatan ini Pakar Gizi Medik dari Universitas Indonesia, DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc menjelaskan bahwa dengan bermain besama dengan anak-anak tingkat kebahagiaan Ayah dan Ibu langsung meningkat 18% Bahkan setelah 2 minggu tingkat kebahagiaan ayah dan ibu terus meningkat sehingga mengalami kenaikan 38%. Tak hanya mengenai kebahagiaan , namun faedah dari bermain bersama juga berpengaruh terhadap kesehatan anak. Saat anak merasa bahagia otak si Anak berada dalam kondisi yang baik , kondisi ini membuat otak mengirimkan sinyal positif ke sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik dapat membantu penyerapan gizi menjadi lebih sempurna. Selain itu memebuat anak semakin merasa nyaman dalam menjalani aktivitasnya. Ujar DR.Dr. Saptawati Bardosono, MSc.

Pakar Gizi Medik Universitas Indonesia DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc.
Selain itu anak-anak juga membutuhkan asupan gizi yang seimbang, seperti vitamin, mineral, zat gizi yang diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, protein yang berasal dari nabati maupun hewani, kemudian lemak, omega 3, dari ikan laut. Namun sering kali makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak tidak memenuhi gizi yang seimbang sehingga sebagai pelengkap perlu ditambahkan minum susu untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang. Apalagi jika anak kita tidak suka dengan sayuran maka susu sangat membantu sekali dalam melengkapi gizi yang kurang tadi.

Sedangkan dari sisi Pskologi Rini Hildayani M,Si menjelaskan bagaimana  menghabiskan waktu bersama keluarga tidaklah terlalu sulit "Bermain bersama dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dan tidak harus selalu menggunakan alat, karena yang terpenting adalah terciptanya komunikasi dan interaksi antara orang tua dan anak". Rini Hildayani , M.Si menjelaskan lebih lanjut dengan melakukan aktivitas bersama membantu menjalin interaksi dan komunikasi antara orang tua dengan anak. "Melalui bermain bersama orang tua dan anak akan menunjukan afeksi atau kasih sayang melalui belaian, sentuhan, senyuman tatapan mata, sehingga ikatan antara mereka menjadi semakin kuat . Keterikatan atau attachment merupakan langkah penting dalam pengembangan karekter seorang anak. 
Pskologi Rini Hildayani, M.Si.

Lebih lanjut Rini menjelaskan , dengan bermain bersama dengan anak orang tua dapat mengembangkan kreativitas , kepemimpinan, keberanian kerendahan hati yang merupakan bagian dari karakter yang kuat. Selain itu bermain bersama anak orang tua juga dapat mengasah minat dan bakat seorang anak contohnya seperti bermain musik bersama, bernyanyi bersama, main bola bersama atau kegiatan bermain lainnya yang menyenangkan bagi anak yang dapat melatih motorik kasar serta halusnya.
Dengan demikian melalui kegiatan bermain bersama maka karakter seorang anak dapat terbentuk dan hal ini tentu saja menjadi harapan bagi setiap orang tua yaitu Memiliki putra putri berkarakter baik.

Dalam acara ini hadir pula pasangan selebriti Fachri Albar dan Renata Kusmanto, mereka berbagi pengalaman kepada para peserta yang hadir dalam acara ini bagaimana mengasuh kedua buah hati mereka yang masih balita. saat ini usia putra mereka yang pertama bernama River baru menginjak usia 1 tahun 8 bulan, usia ini merupakan masa golden Age perkembangan otak seorang anak. hal ini sangat di sadari oleh kedua pasangan ini sehingga Renata saat ini memutuskan untuk mencurahkan seluruh perhatiannya mengasuh kedua buah hati mereka agar mereka tidak terlewatkan moment berharga ini. Selain itu Fachri menjelaskan walaupun ia sibuk shooting namun saat ia berada di rumah ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dengan anak-anaknya terutama River yang sedang senang-senangnya bermain.

Pasangan Selebriti Fachri albar dan Renata Kusmanto
Nah dalam acara ini pula pasangan selebriti ini ditantang untuk melakukan permainan bersama orang tua lainnya bagaimana melakukan stimulasi bermain bersama anak-anak mereka dengan memanfaat benda yang ada di sekitar mereka atau tanpa menggunakan mainan anak.
Stimulasi Bermain dengan anak tanpa menggunakan mainan

Selanjutnya gam dilanjutkan dengan menggunakan media kertas, yaitu bagaimana orang tua melakukan stimulai bermain dengan anak dengan menggunakan media kertas , disini dituntuk kreativitas kedua orang tuanya agar sang buang hati dapat menikmati permainannya

 Keluarga Fachri Albar nampak sangat menikmati permainan ini
Permainan yang di laksanakan secara spontanitas ini berjalan dengan seru, nampak para keluarga ini berupaya untuk menikmati permainan yang mereka lakukan bersama keluarga, tampak sekali Fachri Albar dan istrinya sangat senang sekali bermain-main dengan River putra mereka. Menurut Rini permainan seperti ini harus dilakukan oleh para orang tua disaat mereka bersama anak-anak mereka di rumah. Saat bermain bersama anak-anak upayakan agar orang tua tidak memegang gedget agar perhatian mereka fokus kepada anak-anak dan sebaliknya anak-anak balita sebaiknya maksimal 2 jam dalam sehari boleh memegang gadget. Karena pada masa golden age ini balita sebaiknya di berikan stimulasi untuk melatih motorik halus dan kasarnya sehingga ia akan terlatih melakukan kegiatan fisik seperti berlali, melompat, berjalan , menari, tepuk tangan tertawa dan sebagainnya.

Dalam kesempatan ini juga Gusti Kattani Maulana menjelaskan sebagai mitra dari  orang tua indonesia Nestle LACTOGROWkemembali menunjukan dukungannya kepada kegiatan bermain bersama ini dengan menghadirkan Happy Date in Bubble Park, dimana orang tua dapat menghabiskan waktu bermain mereka dengan sang buah hati melalui berbagai ragam kegiatan menarik di arena bermain yang bertemakan bubble. Melalui Kegiatan ini Gusti Kattani Maulana berharap "Kami berharap permainan di Happy Date in Bubble Park dapat menginspirasi para orang tua untuk nantinya diaplikasikan secara rutin di Rumah". Happy Date in Bubble Park ini akan di selenggarakan di tujuh kota di indonesia mulai oktober hingga November 2016.

Nestle LACTOGROW sendiri merupakan susu pertumbukan untuk usia 1-5 tahun dengan kandungan Asam linoleat (Omega 6), Asam linolenat (Omega 3), minyak ikan, 11 vitamin dan 7 mineral. Nestle LACTOGROW di formulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Central Switzerland untuk membantu tumbuh kembang balita yang atif dan cerdas.

Nestle LACTOGROW untuk usia 1-3 Tahun

Demikianlah kegiatan yang saya ikuti bersama Nestle LACTOGROW Happy Family Date semoga dengan adanya acara ini dapat membuka hati dan pemikiran para orang tua bahwa anak-anak tidak hanya membutuhkan tempat tinggal yang indah, pakaian yang bagus, pendidikan terbaik atau makanan yang bergizi, tetapi mereka juga sangat membutuhkan kehadiran kedua orang tuanya untuk bermain bersama walaupun waktunya tidak lama namun rutin dilakukan maka akan meningkatkan ikatan batin antara orang tua dan anak, selain itu juga dengan bermain bersama ternyata orang tua dapat mengembangkan karekter yang baik kepada anak-anak mereka. Dengan melakukan aktivitas bermain bersama bukan hanya anaknya yang gembira tetapi orang tuanya pun akan lebih bahagia dan dapat mengurangi beban pikiran setelah lelah bekerja seharian.

Acara Nestle LACTOGROW Happy Family Date di akhiri dengan Foto bersama pengisi acara


Sampai berjumpa di pembahasan selanjutnya ya.. salam

6 comments:

  1. setuju banget sama artikelnya mba Dian, aku pun ngusahain min sminggu sekali ada happy date sama anak2. Nggak usah kegiatan yg makan waktu dan uang, kadang nonton bareng di rumah sambil makan pisang gorenga aja udah bikin mood sekeluarga jadi bagus banget :)

    ReplyDelete
  2. trimakasih atas kunjungannya mba Zata :)

    ReplyDelete
  3. Kalo bukan sama orang tua, nanti anak main sama siapa lagi yaaa ??? kan dia bukan anak tetangga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Cumy sekarang banyak loh anak-anak yang lebih deket sama tetangga dari pada orang tuannya, misalnnya di titipin sama tetangga karena Bapak dan Ibunya kerja, akhirnya kalau siang jadi anak tetangga deh hehehehe

      Delete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^