Thursday, August 18, 2016

Potret Perjalanan Asean Menuju Asean Community 2015

Foto Koleksi Pribadi

Pameran Foto "Asean Community 2015 And Beyond " kini telah usai, namun kenangan tentang pameran ini masih tersimpan dengan baik dalam ingatan saya. Bagi saya  adalah suatu kehormatan besar dapat hadir dalam Pembukaan Pameran Foto ini.

Pameran Foto Asean Community 2015 And Beyond resmi dibuka pada Hari Sabtu, 06 Agustus 2016 yang lalu. Pameran diselenggarakan oleh Ditjen Kerja Sama Asean Kementrian Luar Negeri dalam rangka memperingati Hut Asean yang Ke-49 Tahun. 



Pintu Masuk Ruang Museum Seni Rupa Dan Keramik

Pameran ini digelar di Museum Seni Rupa Dan Keramik yang berlokasi di  Jl. Pos Kota No.2 Daerah Khusus Ibukota Jakarta Kota Tua. Pameran Foto dibuka untuk masyarakat umum mulai dari tanggal 06 Agustus 2016 Pukul 14.00-17.00 Wib, selanjutnya  pameran foto dibuka kembali pada tanggal 07 -13 Agustus 2016 dari Pukul 09.00-14.00 Wib. Pameran Foto Asean Community 2015 And Beyond dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Ibu Retno L.P Marsudi beserta para tamu undangan dan diresmikan secara langsung oleh beliau.


Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi


Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi beserta para Tamu undangan
Pameran Foto ini  menampilkan 60 foto perjalanan Asean mulai dari awal berdirinya Asean di Bangkok pada tanggal 08 Agustus 1967, hingga Foto Konfrensi Tingkat Tinggi Asean mulai dari KTT Pertama di Bali pada tanggal 23-25 Februari 1976 sampai dengan KTT Ke-27 Asean Di Kuala Lumpur pada tanggal 18-22 November 2015.
Penanadatangana Deklarasi Bangkok 08 Agustus 1967
             5 Orang Mentri Pemrakarsar lahirnya Asean Narciso Ramos (Filipina), Adam Malik (Indonesia),Thanat Khoman (Thailand), Tun Abdul Razak (Malaysia) dan S Rajaratnam (Singapura)

KTT Pertama Di Bali 23-25 Februari 1976
Beberapa Foto yang ditampilkan dalam pameran Foto Sehubungan dengan KTT Asean
Asean merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (PERBARA). Asean dibentuk oleh 5 Negara berdasarkan Deklarasi Bangkok, negara-negara pendiri Asean antara lain adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura. Tujuan didirikannya Asean adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya.

Setelah itu Brunai Darusalam ikut bergabung dalam Asean pada tanggal 08 Januari 1984, yang diikuti Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995, Laos , 23 Juli 1997, Myanmar 23 Juli 1997, dan Kamboja 30 April 1999.

Di lihat dari segi geografisnya Wilayah Asean meliputi daratan seluas 4,46 Kilometer persegi, atau setara dengan 3% luas daratan di Bumi, populasinya mendekat angka 600 Juta atau sama dengan 8,8% total populasi dunia, sedangkan luas wilayah laut Asean tiga kali lipat dari luas daratan. Pada Tahun 2010 kombinasi Gross Domestik Pruduct Asean telah tumbuh hingga 1,8 Triliun Dolar AS. Jika Asean menjadi satu entitas tunggal maka Asian akan duduk sebagai ekonomi terbesar ke sembilan setelah Amerika Serikat, cina, Jepang, Jerman, Prancis, Brasil, Inggris dan Italia (Sumber : Wikipedia).

Asean didirikan karena adanya keinginan kuat para pendirinya untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Situasi dan kondisi pada awal terbentuknya Asean di Asia Tenggara pada era tahun 1960 an sangat rawan konflik, banyak sekali faktor penyebab terjadinya konflik di kawasan Asia Tenggara,  seperti adanya perebutan pengaruh ideologi antar kekuatan militer negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan Asia Tenggara yang jika di biarkan saja dapat menghambat pembangunan.

Dalam kurun waktu 49 tahun Asean telah berhasil menjaga stabilitas politik dan keamanan dikawasan Asia Tenggara sehingga situasi dan kondisi sangat kondusif untuk melaksanakan pembangunan baik ekonomi, sosial dan budaya. Perkembangan dan kemajuan  Asean dari tahun ke tahun dapat kita saksikan lewat foto-foto yang ditampilkan dalam pameran foto Asean Community 20015 And Beyond.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan  yang terjadi di negara-negara Asean maka tujuan dan cita-cita Aseanpun terus berkembang sehingga munculah wacana baru untuk menciptakan Asean Community atau masyarakat Asean.  Ide dan gagasan Asean Community dibahas dalam KTT Ke-14 Asean di Cha Am Hua Hin, Thailand 26 Februari-01 Maret 2009 . Para Kepala Negara/ Pemerintah Asean menandatangani Deklarasi Cha Am Hua Hin "Mengenai Peta Jalan Pembentukan Masyarakat Asean 2009-2011".
 
KTT Ke-14 Asean di Cha Am Hua Min, Thailand 26 Februari-01 Maret 2009.
Dalam KTT ini pula, telah disahkan Cetak Biru Masyarakat Pilar Politik Keamanan dan Cetak Biru Masyarakat Sosial Budaya , KTT Ke-14 Asean  Mempertegas komitmen kerja sama kawasan menuju Masyarakat Asean (Asean Community). Masyarakat Asean merupakan cita-cita dari para pemimpin negara-negara Asean yang bertujuan untuk memastikan tercapainya tujuan para pendiri Asean yaitu peningkatan taraf hidup rakyat Asean yang tercermin dari perkembangan social ekonomi Asean, terciptanya perdamaian dan keamanan di Asean dan meningkatnya standar kehidupan penduduk Asean.

Masyarakat Asean atau Asean Community ditunjang oleh tiga pilar yaitu Political-Scurity Community (Komunitas Politik dan Keamanan) Economy Community (Komunitas Ekonomi) dan Socio-Cultural Community (Komunitas sosial-Budaya Asean). Asean Sebagai satu kesatuan ekonomi atau Asean Economy Commmunity ini berarti bahwa Asean menjadi satu kesatuan pasar(market) dan satu kesatuan basis produksi, sehingga akan terjadi arus barang, jasa investasi atau modal dan tenaga kerja secara bebas (free) diantara negara-negara Anggota Asean. Dengan demikian kita bisa bekerja di mana saja di negara Asean selama kita dapat memenuhi standard tenaga kerja Asean. 

Bagaimana dengan Komunitas Politik-Keamanan? Dengan adanya Komunitas Politik-Keamanan ( Political-Security Community) diharapkan dapat mengatasi segala persoalan yang menyangkut masalah politik dan keamanan di negara-negara Asean. Sedangkan Komunitas Sosial Budaya ( Socio-Cultural Community) diharapkan dapat mengatasi persoalan yang ada sehubungan dengan Sosial dan Budaya di negara-negara Asean. 

Dengan demikian masing-masing negara anggota harus mempersiapkan diri untuk menghadapi masyarakat Asean. Di bidang ekonomi setiap negara harus berupaya nemingkatkan kualitas dan mutu produksi barang dan jasanya agar dapat bersaing dengan negara-negara Asean Lainnya. demikian halnya tenaga kerja di setiap negara harus berupaya meningkatkan keterampilannya, keahliannya di bidangnya masing-masing serta kemampuan berbahasa Asing, agar para tenaga kerja ini mampu bersaing di bursa tenaga kerja Asean.

Bagi saya Pameran Foto ini merupakan "Potret Perjalanan Asean Menuju Asean Community 2015. Kita disuguhkan babak-demi babak perjalanan Asean dari awal berdirinya hingga saat ini. Dari pameran foto ini kita dapat belajar banyak bagaimana menghargai cita-cita dan perjuangan para pendiri Asean

Beberapa Majalah yang membahas tentang Asean

Pada Acara Pembukaan Pameran Foto ini para Tamu Undangan disuguhkan  pertunjukan nyanyian dan tarian  dari beberapa negara Asean, seperti Penyanyi Sam Barera dan Margareth Pascual dari Filipinan

Penyanyi Sam Barera yang berasal dari Filipina
 Penyanyi Sam Barera menyanyikan beberapa lagu yang berasal dari Negara Filipina, selain itu dia juga pandai menyanyikan lagu-lagu dari negara Indonesia. Selain nyanyian kita juga dihibur dengan tarian-tarian dari Malaysia yang bernama Tari Japin dan Tari Nandak dari Indonesia.   
 
Tari Nandak Dari Indonesia
Para Tamu Undangan juga dapat menikmati berbagai macam hidangan dari negara-negara Asean seperti Filipina, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos. setiap negara memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda di dalam masakannya. Namun demikian ada beberapa makanan yang memepunyai kesamaan antara satu negara dengan negara lainnya walaupun dengan nama yang berbeda. beberapa makanan yang disajikan dalam pameran foto antara lain : Sate Ayam, Soto Ayam, Kerak Telor, Es Cendol dari Indonesia.


Stant Makanan Dari Filipina



Stant Makanan Dari Singapura


 
Stant Makanan dari Negara Laos












Setelah Pameran Foto diresmikan dan dibuka maka Menteri Luar Negeri Ibu Retno L.P Marsudi dan para Tamu undangan diperkenankan untuk mengunjungi Pameran Foto Asean Community 2015 And Beyond. Ibu Retno L.P Marsudi sangat antusias sekali menyaksikan pameran ini, 

     Ibu Retno L.P Marsudi sangat antusias sekali saat menyaksikan foto-foto yang ditampilkan













 
    Beliau menyaksikan foto demi foto yang ditampilkan dengan penuh perhatian


Demikianlah , selayang pandang tentang Pembukaan Pameran foto Asean Community 2015 And Beyond. Bagi saya ini merupakan satu pengalaman yang sangat berharga karena saya dapat menyaksikan secara langsung peresmian Pameran Foto Asean Community 2015 and Beyond dan dapat berjumpa dengan Ibu Menteri Luar Negeri secara langsung. saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Kementerian Luar Negeri , Andini Harsono, Bunda Elisa Koraag dan BloggerCihuy yang memberikan kesempatan kepada saya untuk hadir keacara ini, emoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat.

Sampai Jumpa di Pembahasan Selanjutnya , salam....
                                                            

7 comments:

  1. Aku baru tahu ASEAN ada versi Indonesianya PERBARA...kelamaan gak baca beginian. Biasanya tiada hari tanpa membaca WA, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe iya mba Tri Sapta, WA sudah menjadi bacaan rutin ya hehehehe, trimakasih atas kunjungannya ^^

      Delete
  2. Dari foto-foto tersebut bisa mengetahui perjalanan sejarah ASEAN ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Rani, karena di bawah foto ada keterangannya mengenai peristiwa yang terjadi pada saat moment itu diambil, trimakasih atas kunjungannya ya ^^

      Delete
  3. Udah makin banyak negara2 asean ini dari mulai 5, eh 5 apa 6 yaaa ??? lupa pelajaran smp hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sekarang sudah 10 negara yang tergabung di ASEAN, hehehehe trimakasih ya atas kunjungannya^^

      Delete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^