Tuesday, June 7, 2016

SARIHUSADA Kampanyekan Gerakan 7 Hari Minum Susu

Kanan-Kiri : Ibu Michica Wijaya, Dr.dr Inge Permadhi, MS, SpGK(K), Mr. Joris
Bernard, Bpk Arif.Mujahidin


Saya adalah seorang ibu dengan satu orang putra berusia 12 Tahun. Saat ini usia saya hampir menginjak 40 Tahun hemmm usia yang tak lagi muda ya hehehe. Sejak memasuki Sekolah Dasar, saya sudah berhenti minum susu karena saya merasa sudah cukup mendapatikan gizi dan vitamin dari makanan yang saya makan setiap hari. Apa lagi saya terlahir dengan berat badan lebih, sehingga pertumbuhan saya lebih cepat dari anak-anak yang seusia ditambah berat badan saya yang cepat naik sehingga saya merasa tidak perlu minum susu lagi .

Namun setelah saya mengikuti kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Susu Nasional oleh SARIHUSADA berupa " Kampanye Gerakan 7 Hari Minum Susu" pandangan saya mulai berubah. Kampanye Gerakan 7 Hari Minum Susu ini dilaksanakan pada hari Minggu, 05 Juni 2016 bertempat di FX Sudirman, Senayan. Kampanye Gerakan 7 Hari Minum Susu dimeriahkan dengan funwalk yang diikuti oleh 700 keluarga, minum susu bersama, senam aerobik bersama, berbagai permainan keluarga, penyeluran donasi gizi keluarga, sekaligus peluncuran SGM Nutriday.

Pemberian donasi gizi keluarga yang langsung di serahkan oleh Mr. Joris Bernard
Saya beruntung sekali karena dapat mendengarkan pejelasan secara langsung dari pihak penyelenggara Kampanye Gerakan 7 Hari Minum Susu mengenai kegiatan ini. Acara Konfrensi Pers  di buka oleh Bapak Arif Mujahidin, Beliau adalah Communication Director Danone Indonesia. dalam kesempatan ini dijelaskan bahwa Peluncuran SGM Nutriday dan Kampanye Gerakan 7 Hari Minum Susu juga telah digelar di Surabaya pada tanggal 29 Mei 2016 yang lalu dengan melibatkan sekitar 700 keluarga. Waktu peluncuran pada penghujung bulan Mei dan Juni ini diselaraskan dengan peringatan Hari susu Nasional tanggal 1 Juni.

Peluncuran Nutriday merupakan satu bentuk perhatian Sarihusada terhadap permasalahan gizi yang ada di Indonesia saat ini. Mr. Joris Bernard Brand Busniss Sarihusada menjelaskan bahwa " Dengan pengalaman lebih dari enam puluh tahun dalam memahami permasalahan dan kebutuhan gizi di Indonesia kami terus melakukan riset dan pengembangan untuk meningkatkan gizi di Indonesia. Kini kami menghadirkan inovasi solusi gizi untuk keluarga Indonesia dengan meluncurkan SGM Nutriday yang menyediakan zat gizi yang lengkap serta sesuai dengan kebutuhan setiap anggota keluarga".

Nutriday tersedia dalam dua rasa coklat dan vanila.
 Pada acara ini hadir pula Dr dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K), beliau adalah Dokter Spesialis Gizi. Beliau memaparkan bahwa saat ini di Indonesia masih menghadapi masalah ganda , yaitu kekurangan gizi dan kelebihan gizi pada semua kelompok usia.  Riskesdes 2013 menjelaskan bahwa 6% balita mengalami kurang gizi, sedangkan 37 % balita  dan 1 dari 3 (31%) anak usia sekolah di Indonesia tergolong pendek (stunting) akibat kekurangan gizi menahun sehingga mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan . Sementara pada usia produktif 45% wanita Indonesia mengalami kekurangan Energi Kronis (KEK).

Kondisi Kekurangan gizi yang ada di Indonesia

Sebaliknya prevalensi kelebihan gizi juga meningkat menurut Riskesdas 2013 , angka overweight  dan obesitas pada pria di Indonesia adalah sekitar 20%, sementara wanita sebesar 35%, naik sekitar 15% dan 26% (Rikesdas 2010). Obesitas merupakan awal dari banyak penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, kanker atau stroke yang meningkatkan kematian.

Dr dr.. Inge Permadhi , MS, SpGK(K)

Oleh karena itu Dr.dr Inge Permadhi, Ms, SpGK(K) menekankan bahwa  "Diperlukan peran keluarga dalam upaya untuk meningkatkan perbaikan gizi di Indonesia. Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap masing-masing anggotanya. Keluarga di Indonesia diharapkan dapat menjadi Keluarga Sadar Gizi yang mampu mengenal , mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggota keluarganya, sehingga tercapai keadaan gizi yang optimal untuk seluruh anggota keluarga".

Keluarga Sadar Gizi atau Kadarzi adalah keluarga dengan prilaku gizi yang baik dicirikan dengan mengkonsumsi makanan beraneka ragam dengan gizi seimbang. Keanekaragaman makanan sangat penting karena tidak ada bahan makanan yang lengkap kandungan zat gizinya . Dengan mengkonsumsi makanan beranekaragam menjamin terpenuhinya kebutuhan tubuh akan zat gizi seperti karbohidrat, lemak protein, vitamin dan mineral.
Komposisi gizi seimbang
"Sangat penting untuk mempertahankan pola makan yang baik dan berpedoman pada gizi seimbang , Makanan beragam dan seimbang adalah pilihan makanan keluarga yang mengandung zat gizi yang diperlukan seluruh keluarga dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga," tambah Dr.dr. Inge Permadhi.MS, SpGK(K).

Apabila kebutuhan protein dan gizi kita kurang mencukupi maka susu dapat menjadi pelengkap agar terpenuhi kebutuhan gizi yang seimbang. Karena itu Ibu Michica Wijaya , Marketing Manager SGM Nutriday menjelaskan bahwa "Sebagai susu yang diformulasikan untuk keluarga , SGM Nutriday membantu  melengkapi kebutuhan keluarga dengan 7 kebaikan yaitu : vitamin dan mineral, kalsium, serat pangan, protein, zat besi, dengan kadar gula rendah dan rasa enak yang disukai oleh seluruh keluarga".
Ibu Michica Wijaya menjelaskan tentang 7 Kebaikan SGM Nutriday

Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa peluncuran SGM Nutriday menandai dimulainya Gerakan 7 Hari Minum Susu bagi keluarga Indonesia. Kampanye Gerakan 7 hari minum susu merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari :
  1. Edukasi ke perumahan tentang pentingnya peran orang tua atau keluarga dalam membentuk kebiasaan baik atau pola makan sehat bagi anak;
  2. Edukasi ke sekolah-sekolah bagi anak usia 9-12 tahun tentang pentingnya minum susu bagi kesehatan;
  3. In store activation memeperkenalkan SGM Nutriday sebagai produk baru susu untuk keluarga;
  4. Berbagi 7 Kebaikan atau penyaluran donasi susu untuk mendukung asupan gizi keluarga yang kurang mamapu . Sarihusada bekerjasama dengan Foodbank Of Indonesia ( FOI) menyalurkan SGM Nutriday kepada 700 keluarga di Surabaya dan 700 keluarga di Jakarta, yang berasal dari kelas sosial D, memiliki anak usia 9-12 tahun dan mayoritas anak mengalami malnutrisi. 
Dan diakhir acara ini Bpk Ali Muhajidin selaku Communication Director Danone Indonesia, mengatakan " Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen mendukung perbaikan gizi di Indonesia, kami secara berkesinambungan  memeberikan edukasi mengenai gizi kepada masyarakat dan menyediakan produk terjangkau. Peluncuran SGM Nutriday dan Gerakan 7 Hari Minum susu, berupa edukasi gizi dan donasi gizi keluarga , merupakan salah satu wujud dari komitmen tersebut".  

Demikianlah  rangakaian kegiatan yang saya ikuti acara Kampanye Gerakan 7 Hari Minum Susu, kegiatan ini memberikan edukasi kepada saya bahwa tubuh kita membutuhkan nutrisi tambahan jika makanan yang kita konsumsi belum memenuhi gizi yang seimbang, Nah dengan minum susu dapat membantu  menambah kekurangan gizi tersebut sehingga susu itu bukan hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak saja tetapi orang dewasa pun butuh minum susu agar kebutuhan kita akan kalsium, protein, zat besi dan vitamin terpenuhi.

Terimakasih Bunda Elisa Koraag dan Blogger Cihuy, yang telah mengajak saya untuk hadir ke acara ini, karena banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Sampai berjumpa ditopik selanjutnya ya.
Salam ^_^

6 comments:

  1. Wah mau banget Aku mbk dian.
    Minum susu siapa takut hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaa dian juga sekarang minum susu Bowo, terutama kalau malam dari pada makan malam mendingan minum susu deh hehehehe trimakasih kunjungannya ya

      Delete
  2. Replies
    1. sekarang SGM ada untuk satu keluarga mba Amanda, dari anak-anak usia 9-12 tahun hingga orang tuanya , trerimakasih atas kunjungannya ya

      Delete
  3. Susu memang sangat bagus di segala usia. Apalagi anak-anak, mereka sedang aktif-aktifnya.. saya juga sangat suka susu.. manis dan lezat 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya awalnya enggak suka minum susu dan takut tambah gemuk hehehehehehe, tapi karena manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan tubuh ya, harus dibiasakan minuman susu , terimakasih atas kunjungannya mba Eri 😄

      Delete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^