Saturday, August 15, 2015

Makna Kemerdekaan

foto koleksi pribadi diananthie.blogspot.com

Besok, Hari Senin, tanggal 17 Agustus 2015 , Rakyat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaannya yang ke 70 Tahun. Usia 70 tahun merupakan usia yang sangat matang, pada usia ini jika kita analogikan sebagai orang dewasa telah banyak merasakan pahit dan manisnya kehidupan dan sangat kaya akan pengalaman.

Namun bagaimana dengan kita ?. Sudahkah kita mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya ?. Sudahkah pikiran kita merdeka ? atau kita masih terbelenggu oleh paradikma lama dan hal-hal yang melemahkan semangat kita untuk maju dan berkembang. Jika kita masih terbelenggu dengan itu, maka kita belum merdeka.

Merdeka bukan berarti bebas melakukan hal-hal yang diinginkan, tanpa disertai rasa tanggungjawab. Merdeka menurut pendapat saya adalah kita mampu memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita tanpa ragu-ragu lagi. Seringkali sulit bagi kita untuk berkembang karena kita merasa bahwa diri kita banyak kekurangannya. Kurang terampil, kurang pengetahuan, kurang pengalaman dan sebagainya.

Namun jika kita terbelenggu dengan segala kekurangan yang ada di dalam diri kita, kapankah kita akan maju dan berkembang ?. Ada pepatah yang mengatakan "Tak ada gading yang tak retak", tak ada manusia yang sempurna. Semua memerlukan proses untuk mencapai sebuah tujuan.

Bagaimana kita bisa terampil,  jika kita tidak melakukan apa-apa !. Bagaimana kita bisa banyak memiliki pengetahuan, jika kita malas untuk belajar dan membaca. Dan bagaimana kita bisa memiliki banyak pengalaman jika kita tidak mencoba melakukannya.

Semua bisa dilakukan jika kita mau berusaha dan bergerak. Seseorang yang diam dan tidak melakukan apa-apa lebih buruk dari orang yang melakukan sesuatu dan mengalami kegagalan. Kegagalan itu bukanlah akhir dari perjalanan, tapi itu merupakan bagian dari proses pembelajaran . Dengan mengalami kegagalan ia akan belajar untuk memperbaiki kesalahannya dan berusaha untuk lebih baik lagi.

Orang yang merdeka adalah orang yang mampu mengekspresikan dirinya dan tampil sebagaimana dirinya sendiri. Dia tidak akan meniru orang lain. Tapi dia akan tampil dengan segala kemampuan dirinya dengan tersenyum bahagia karena saya mampu menjadi diri sendiri.


Semoga kita bisa memanfaatkan momen Kemerdekaan Indonesia ini, untuk menjadi pribadi yang kuat dan berkarakter. Selamat berjuang.......
Merdeka....!!!!

2 comments:

  1. Betul aku setuju mak, sama quote orang merdeka adalah yang mampu mengekspresikan diri dan tampil sbg dirinya sendiri...

    ReplyDelete
  2. setuju mak, semua dimulai dr diri sendiri

    ReplyDelete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^