Thursday, August 13, 2015

Belajar Dari Sebuah Permasalahan


Foto koleksi pribadi Diananthie.blogspot.com

"Alangkah indahnya hidup ini, jika kita tak memiliki masalah!". Namun pada kenyataannya selama manusia masih bernafas dan menjalani kehidupan di dunia maka manusia akan selalu berhadapan dengan yang namanya "Masalah".

"Sebenarnya apa sih, makna yang terkandung dari pengertian 'masalah' itu sendiri ?" Tanyaku di dalam hati. Pengertian Masalah menurut Wikipedia, Bahasa Indonesia "Masalah, merupakan 'kata' yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan". Masalah biasanya dianggap sebagai suatu keadaan yang harus diselesaikan.

Umumnya masalah disadari "ada" saat seorang individu menyadari keadaan yang ia hadapi tidak sesuai dengan keadaan yang diinginkan. Dalam beberapa literatur riset, masalah seringkali didefinisikan sebagai sesuatu yang membutuhkan alternatif jawaban, artinya jawaban masalah atau pemecahan masalah bisa lebih dari satu. Selanjutnya dengan kriteria tertentu akan dipilih salah satu jawaban yang paling kecil risikonya. Biasanya, alternatif jawaban tersebut bisa diidentifikasi jika seseorang telah memiliki sejumlah data dan informasi yang berkaitan dengan masalah bersangkutan.

Dengan adanya penjelasan yang cukup lengkap tentang pengertian "Masalah" dapat saya ambil kesimpulan bahwa masalah timbul karena adanya konflik  baik itu dari dalam diri seseorang maupun di luar dari dirinya konflik itu timbul karena adanya ketidak sesuaian apa yang ia harapkan dengan kenyataan yang ada. Sering kali seseorang berharap terlalu besar terhadap dirinya dan orang lain, namun ketika pada saat kenyataan yang ada tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan maka lahirlah sebuah konflik.

Berapa besar konflik itu tergantung dari masing-masing individu dalam menanggapinya. Karena setiap individu memiliki pola pikir dan emosional yang berbeda-beda maka cara pandang terhadap sebuah konflik pun akan berbeda. Misalkan saja jika saya menggulirkan satu buah permasalahan kepada lima orang teman saya, maka saya yakin bahwa kelima orang tersebut akan memberikan jawaban yang berbeda-beda.

Perbedaan pola pandang dari setiap individu ini terjadi karena tingkat pengetahuan dan pengalaman hidup setiap orang berbeda-beda.  Ada orang yang menanggapi konflik tersebut sebagai persoalan kecil dan dapat diselesaikan dengan mudah, karena sebelumnya ia pernah mengalami kondisi yang sama atau bahkan lebih buruk dari pada itu. Sedangkan ada sebagian orang juga yang menanggapi persoalan itu sebagai sebuah persoalan yang besar dan menguras tenaga serta pikirannya, karena ia belum pernah mengalami persoalan seperti itu.

Dari kondisi ini dapat kita ambil pelajaran bahwa masalah atau persoalan merupakan Sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu di mana dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti karena setiap diri akan berusaha mencari jawaban dari persoalan yang ia hadapi dan dari persoalan yang ia hadapi itu,  ia akan mendapatkan pengalaman baru yang mungkin saja akan merubah cara pandang seseorang terhadap sebuah kondisi yang ada.



2 comments:

  1. Masalah membuat kita semakin hidup... Sesuatu yang tidak membunuhmu.. Pasti akan membuatmu kuay :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya Bang Kornelius, memang benar sekali apa yang abang bilang, masalah membuat kita menjadi semakin kuat dan tegar. :)

      Delete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^