Saturday, November 15, 2014

"Waspadalah Strok Ringan Dapat Menyerang Kapan Saja"

Anggapan sebagian orang bahwa penyakit darah tinggi mulai dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 40 tahunan kini sudah dapat dipatahkan. Sebab kini penyakit darah tinggi mulai menyerang usia di atas 20 tahunan.

Mengapa saya dapat mengatakan hal ini ?, sebab adik ipar saya sendiri yang baru berusia 26 tahun sudah di diagnosa memiliki penyakit darah tinggi. Selain itu adik sepupu saya yang baru berusia 34 tahun kini sedang menjalani rawat inap di salah satu Rumah Sakit Umum di Jakarta akibat terserang Strok Ringan. Pada saat ia terkena serangan strok ringan tekanan darahnya 160/100.

Sayangnya saat saya berkunjung kemarin saya tidak sempat bertemu dengan dokter yang merawatnya sehingga saya belum mendapatkan informasi yang lengkap tentang perkembangannya. Namun dari yang saya lihat keadaannya sudah mulai membaik dia sudah bisa berkomunikasi walaupun agak sulit di mengerti, namun yang membuat saya bingung mengapa saat di tensi lagi tekanan darahnya naik menjadi 180/100. Ini menunjukkan bahwa sesungguhnya kondisinya belum stabil.

Melihat keadaannya seperti ini membuat saya merasa sedih dan berpikir bahwa penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tidak memandang batasan usia dan serangannya dapat datang secara tiba-tiba. Ketika saya tanyakan apa yang ia rasakan saat terkena serangan, ia mengatakan tubuhnya terasa lemas dan dia tidak dapat menggerakkan kaki kanannya.

Dari peristiwa ini saya mengambil kesimpulan bahwa kita harus senantiasa waspada dan memperhatikan kesehatan kita, jaga pola makan yang baik, kurangi konsumsi garam, makanan yang mengandung MSG, kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji, olah raga yang cukup dan selalu memeriksakan kesehatan kita baik ke puskesmas maupun ke klinik untuk mengetahui perkembangan kesehatan seperti tekanan darah dan sebagainya. Dengan demikian kita telah berupaya melakukan tindakan pencegahan karena "Mencegah lebih baik dari pada mengobati". 

6 comments:

  1. tapi ada juga yang punya potensi hipertensi karena faktor keturunan....

    Saya setuju banget..kurangi msg.. Misalnya mi instan,,bakso,mi ayam.... Selain msg banyak kandungan lemaknya juga banyak... Berpotensi kolesterol...yang jika komplikasi dengan hipertensi bisa juga meningkatkan resiko strok.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih tambahannya Mba Nova, semoga kita bisa saling berbagi pengetahuan, salam kenal dari dian ^_^

      Delete
  2. betul mak, kadang kita tak mengamati hal yang berbeda dalam tubuh kita. Penaglama adik ipar juag demikian, akrena terlambat akhirnay meninggal. Pertama-tama di asuka hilang ingatan, tapi tak pernah digubrisnay sampai saat dia tak ingat istirinay sendiri. Waktu di abwa ke dokter , hanya diberi obat tapi daya ingat semakin parah, pernah gak sampai kantor . Saat orang kantor menelpun rumah menayakan adikku, istrinay bingung , kan sudah berangkat dari kantor da, dia berangkat ke temat mertuanya. Wakru diabwa ke dokter lagi dan discan ternyata ada penyumbatan di otak kirinya dan harus di rawat. Waktu esoknya amu dibawa ke rumah sakit , ternyata tiba-tiba kejang dan bagian kanan sudah tak bisa digerakan . Setelah dua minggu di rumah sakit akhirnya meninggal. Makany gejala yang sepele jangan diremehkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya turut berduka cita ya mak, semoga kita semua bisa mengambil hikmahnya, bahwa sekecil apapun gejala itu harus kita waspadai dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar kita tidak kecolongan. Ya semoga kita semua selalu waspada.

      Delete
  3. bicara ttg stroke emang ngeri ya mak,dulu alm bpk sy juga kena stroke sampe ahirnya meninggal,skrg sepu2 sy yg kena stroke,tpi stlh mnjalani rangkaian mcm2 pengobatan dan trahir menjalani cuci otak/brainwash nya dokter terawan skrg membaik mak,smg smua disehatkn kembali ya... slm kenal... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mak, semoga keluarga dan kerabat serta teman-teman kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT dan
      semoga yang sakit segera dapat
      pulih kembali . Amin..

      Delete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^