Tuesday, December 3, 2013

Perlunya Menjaga Ucapan Di Depan Anak Balita kita

  
     Masa Balita bukan hanya masa pertumbuhan fisik semata namun juga  merupakan masa pembentukan  sikap dan mentalnya masa ini sering di sebut dengan "Golden Age". Masa balita merupakan masa yang sangat penting karena pada masa ini anak belajar dari apa yang mereka lihat dan dengar. Mereka layaknya seperti kain yang masih putih. Orang tualah yang sangat berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai dasar kepada anak balitanya.

      Banyak hal sebenarnya yang harus kita jaga di depan balita kita salah satunya adalah cara berbicara. Kita, orang tua kadang kala tanpa disadari berbicara satu hal  yang tidak pas diucapkan di depan balita kita. Salah satunya adalah seperti menyebut nama istri atau suami atau memanggil nama anak pertama kita dengan sebutan namanya saja atau  anggota keluarga yang lain yang tinggal serumah. 

     Mungkin bagi kita ini hal yang sepele namun bagi balita kita apa yang mereka dengar itu lah yang mereka simpan di dalam ingatannya . Jika hal ini terus menerus dilakukan akibatnya balita kita akan memanggil ayah dan ibunya atau anggota keluarga yang lain dengan sebutan namanya saja . Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena bisa berdampak negatif terhadap balita kita karena akan menjadi sebuah kebiasaan. 

     Oleh karena itu, orang tua dan keluarga harus mulai membiasakan diri menggunakan nama panggilan mereka di dalam keluarga agar si balita tahu siapa saja anggota keluarganya  seperti ayah, ibu, kakak, om, tante, nenek dan kakek dan mengerti apa kedudukan masing-masing di dalam keluarga.

      Setahap demi setahap dengan pembiasaan seperti ini berarti orang tua telah menanamkan nilai-nilai dasar kepada balitanya melalui contoh atau tindakan langsung. Karena sekali lagi balita belajar dari apa yang mereka lihat dan dengar.  Jadi pada masa ini kita, orang tuanya harus memberikan contoh yang baik dimulai dari menjaga ucapan kita agar balita kita dapat belajar bagaimana berbicara yang santun dan penuh rasa hormat di dalam keluarganya.

      Bagi keluarga yang telah menerapkan hal ini mungkin bukanlah hal yang baru lagi namun bagi keluarga yang belum menerapkannya marilah sama-sama kita terapkan di dalam keluarga kecil kita semoga anak-anak kita menjadi anak-anak yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,  tahu akan tata krama dan sopan santun, karena pendidikan yang terbaik adalah dimulai dari keluarga.
   

 

3 comments:

  1. Betul Mak, karena masa balita adalah masa dimana otak berkembang, jadi mereka sedang menjadi spons yang menyerap apa saja tanpa memperdulikan itu baik atau buruk... Harus hati2 ya... :)

    ReplyDelete
  2. Betul banget, Mak. Emang orang tua harus hati2 bicara di depan anak2 ya :')

    ReplyDelete
  3. Trimakasih atas kunjungannya Mak Riski dan Mak Leyla , memang benar sekali anak balita memang seperti spons yang mudah menyerap apa saja yang mereka lihat dan dengar semoga kita selalu menjaga ucapan kita di mereka :)

    ReplyDelete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^