Monday, December 23, 2013

Mengapa Tindak Kekerasan Pada Anak-Anak Semakin Meningkat ?

     Beberapa hari ini saya mengikuti berita tentang penganiayaan terhadap anak-anak. Ternyata semakin hari semakin banyak orang tua  dan keluarga terdekat yang melakukan kekerasan terhadap anak-anak. Dan ironisnya lagi mereka tidak hanya mengalami kekerasan namun juga penganiayaan yang di luar batas kemanusiaan dan pelecehan seksual. Sebagai seorang ibu saya merasa sedih dan miris sekali melihat pemberitaan ini karena menurut saya anak-anak adalah anugrah terbesar yang di berikan Allah SWT kepada kita. Mereka adalah amanah dari yang Maha Kuasa dan merupakan kewajiban dan tanggung jawab orang tua untuk mendidik dan merawatnya dengan baik.  

   Saya tidak mengetahui secara pasti apa yang melatarbelakangi para orang tua yang melakukan tindakan kekerasan ini. Namun apapun alasannya tindakan yang mereka lakukan tidak dapat di benarkan. Jika tujuan mereka ingin mendidik putra-putri mereka pergunakanlah cara-cara mendidik yang baik bukan menghakimi apalagi melakukan penganiayaan. 


     Namun dari apa yang saya lihat selama ini tindakan ini sering kali dilatarbelakangi oleh permasalahan keluarga yang rumit dan kompleks sehingga para orang tua yang memiliki masalah mudah tersulut emosinya sehingga mereka melampiaskannya kepada anak-anaknya. Karena anak-anak sangat lemah dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perlawanan sehingga mereka sering kali menjadi objek kekerasan di dalam rumah tangga.

      Kekerasan yang di alami anak-anak ini akan menyisakan trauma yang sangat mendalam kepada diri mereka. apa yang mereka alami ini akan menjadi mimpi buruk bagi mereka dan tak mudah untuk dilupakan. Bahkan ada beberapa anak yang memerlukan terapi dan penanganan khusus dari psikolog untuk mengatasi trauma ini. 

     Oleh karena itu saya berharap kita sebagai orang tua apa pun permasalahan yang sedang kita hadapi jangan sampai kita kehilangan akal sehat kita. Perkuat keimanan kita kepada Allah SWT. Saya sadar setiap keluarga pasti memiliki problematika yang kompleks dan beraneka ragam namun jangan sampai kita tidak mampu mengendalikan emosi kita sehingga kita melampiaskannya kepada anak-anak di rumah. 

     Jika ada permasalahan yang berat carilah anggota keluarga yang bisa dimintai bantuan untuk mengatasi permasalahan kita atau teman dekat yang dapat di percaya yang bisa memberikan pendapat atau masukan. Jangan pendam permasalahan kita seorang diri karena kita butuh seseorang untuk berbagi dan mencurahkan isi hati. Jika permasalahan itu kita simpan sendiri dan menumpuk di dalam hati maka akan berdampak buruk kepada kesehatan kita baik kesehatan jasmani maupun rohani.

     Saya yakin tak ada persoalan yang tak dapat diselesaikan. Apapun permasalahan rumah tangga yang kita hadapi jangan sampai mengorbankan anak-anak kita. Karena mereka sangat membutuhkan ibu yang sehat secara lahiriah dan batiniah. Semoga kita selalu menjadi cahaya di dalam keluarga kita sehingga keluarga kita akan senatiasa harmonis dan anak-anakpun akan merasa aman, nyaman serta bahagia di dalam rumahnya.


   

       

    

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^