Friday, November 29, 2013

Apa Sesungguhnya yang Harus Dipersiapkan Pasangan Sebelum Menikah ?

     Ketika dua orang yang saling jatuh cinta kemudian memutuskan untuk menikah dan membentuk sebuah keluarga kecil apa sesunggunya yang harus di persiapkan. Apakah dana untuk pesta pernikahan ? atau tempat tinggal setelah menikah ?.  Menurut saya yang paling utama di persiapkan untuk melangsungkan pernikahan adalah komitmen yang kuat diantara kedua pasangan untuk membentuk sebuah keluarga. 

    Di sini diperlukan sebuah komunikasi yang interaktif antara kedua pasangan. Masing-masing harus mengerti peran dan tugas masing-masing di dalam keluarga kecil mereka nanti. Apa yang menjadi tanggung jawab, kewajiban dan hak seorang suami dan juga sebaliknya. Cinta saja tidak cukup untuk melandasi sebuah pernikahan karena cinta yang tak di pupuk dan dipelihara dengan baik bisa pudar seiring dengan berjalannya waktu dan permasalahan yang akan di hadapi keluarga tersebut di kemudian hari.


     Jadi ada baiknya sebelum pernikahan di laksanakan kedua pasangan berbicara dari hati ke hati diskusikan dengan pasangan kita pernikahan ini akan kita jalani seperti apa ?. Masing-masing harus mengutarakan isi hatinya. Jangan tergantung kepada pihak prianya saja atau wanitanya saja karena yang menjalani pernikahan ini adalah kalian berdua. Setelah itu perkuat komitmen dan niat  untuk berkeluarga. Hilangkan ego diantara kalian berdua , sehingga apapun permasalahan yang akan di hadapi di masa depan Insya Allah dapat di lewati dengan selamat sehingga pernikahan akan tetap langgeng sampai maut memisahkan.

       Saya berharap jika hal ini di laksanakan maka tingkat perceraian dapat diminimalisasi dan anak-anak korban perceraian akan semakin berkurang karena bagaimanapun juga anak-anaklah yang paling menderita jika keluarga kecil kita mengalami perpecahan. Percayalah karena sayapun telah mengalaminya. Saya berharap tidak ada anak-anak lagi yang mengalami kesedihan dan penderitaan akibat sebuah perceraian.

4 comments:

  1. Betul mb, sy menikah tanpa mengenal secara mendalam calon suamiku, dan memang teramat banyak masalah yg kami hadapi. Tp semua sy kembalikan pada niat awal sy menikah untuk apa. Jd sy berprinsip menikah krn Allah dan berpisahpun krn kehendakNya. Dgn memegang itu hati sy tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Dini , mungkin istilah 'tak kenal maka tak sayang' ada benarnya juga mengenal karakter dari pasangan kita memangan salah satu hal yang terpenting dalam membina rumah tangga. Semoga keluarga mba Dini selalu bahagia dan trimakasih mau berbagi kisah dengan saya dan teman-teman. Salam kenal dari dian ya :)

      Delete
  2. Sebelum menikah, saya mengenal calon suami saya selama hampir 7 th. Kami teman seangkatan, tapi beda jurusan. Jadi awalnya dari berteman dan ngobrolnya nyambung. Menikah karena ayah saya memanggil calon suami saya dan ditanya 'man to man'. Padahal kami baru lulus kuliah dan belum punya modal apa2. Sebetulnya yang penting adalah perjalanan pernikahannya, suami-istri harus menyesuaikan diri terus menerus. Semakin tua, adat kami juga berubah. Contoh sederhana, suami tersinggung karena saya dianggap membentak dia. Lhaah, kalau saya tidak bicara keras, suami ga denger. Haha...begitulah. InsyaAllah, 1-4-14, anniversary kami ke 30. Mohon doanya dan marilah saling mendoakan juga, supaya pernikahan ibu2 semua tentram.

    ReplyDelete
  3. Trimakasih mba Hani yang mau berbagi kisah dengan saya dan teman-teman yang lain semoga dari pengalaman hidup yang kita lalui bisa memberikan inspirasi bagi orang banyak dan salam kenal dari dian :)

    ReplyDelete

Selamat Datang Di blog ini, silahkan sahabat meninggalkan jejaknya dan Trimakasih atas kunjungannya ya ^_^